4 Tips agar WhatsApp Aman dari Pembajakan

By. Aditya Reyhan Y W - 25 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id – Pernah menerima pesan WhatsApp dari nomor WhatsApp teman dan dimintain pulsa atau transfer sejumlah uang? Namun setelah dicek ternyata nomor teman kita tersebut dibajak orang yang tidak bertanggung jawab.

Kini ada cara mengamankan akun pengguna WhatsApp agar nomor telepon yang tersinkronisasi dengan WhatsApp aman dari pembajakan.

WhatsApp memberikan tips mencegah orang lain menggunakan nomor telepon pengguna di masa mendatang.

baca juga: 4 Jenis Artificial Intelligence yang Perlu Diketahui!

Melansir dari laman resmi WhatsApp, berikut empat tips keamanan akun WhatsApp dari peretasan atau pembajakan.

1. Aktifkan verifikasi dua langkah

Verifikasi dua langkah adalah fitur opsional yang menambahkan lebih banyak lapisan keamanan ke akun WhatsApp. Jika mengaktifkan verifikasi dua langkah, setiap upaya untuk memverifikasi nomor telepon pengguna di WhatsApp, harus disertai dengan PIN enam digit yang dibuat menggunakan fitur ini. Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp > Settings > Account > Two-step verification > Enable.

2. Tautkan alamat email

Jika fitur verifikasi dua langkah diaktifkan, hendaknya pengguna memasukkan alamat email. Alamat email ini akan memungkinkan WhatsApp mengirimi tautan melalui email, untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah jika pengguna lupa PIN enam digit dan juga untuk membantu melindungi akun.

WhatsApp tidak memverifikasi alamat email ini untuk mengonfirmasi keakuratannya, sehingga sangat disarankan untuk memberikan alamat email yang akurat agar pengguna tidak terkunci dari akun sendiri jika lupa PIN.

Jika pengguna menerima email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah padahal tidak memintanya, jangan klik tautan yang dikirimkan. Orang lain mungkin mencoba memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp.

baca juga: Manfaat Cloud Computing di Era Digital

3. Rahasiakan kode verifikasi

Jangan pernah sekalipun membagikan enam digit kode verifikasi SMS WhatsApp dengan orang lain, meskipun orang tersebut adalah seseorang yang sangat dikenal atau organisasi yang sangat dipercaya. WhatsApp tidak meminta pengguna untuk membagikan kode verifikasi.

4. Setel kunci PIN

PIN akan dibuat ketika pengguna mengaktifkan verifikasi dua langkah. Jika mengaktifkan verifikasi dua langkah dan lupa PIN, nomor pengguna tidak akan diizinkan untuk memverifikasi ulang di WhatsApp dalam waktu tujuh hari terakhir. Tetapi setelah tujuh hari, nomor Anda akan diizinkan untuk memverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN, namun akan kehilangan semua pesan yang tertunda.

Jika nomor pengguna diverifikasi ulang di WhatsApp setelah 30 hari terakhir dan tanpa PIN, akun pengguna akan dihapus dan akun baru akan dibuat setelah verifikasi ulang berhasil. Namun perlu diperhatikan, tidak ada opsi menonaktifkan fitur ini tanpa menonaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

baca juga: Rekomendasi Processor Terbaik, Cocok untuk Main Game!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp