Inilah 7 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mata

By. Aditya Reyhan Y W - 25 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Pola makan yang sehat sangat penting untuk kesehatan mata. dengan menjaga pola makan yang tinggi antioksidan akan mencegah perkembangan kondisi mata yang serius dan memastikan mata Anda bekerja sebaik mungkin.

Menjaga pola makan yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan mata Anda, dan dapat membantu mengurangi risiko Anda mengembangkan kondisi mata.

Kondisi mata yang serius dapat dihindari jika Anda memasukkan makanan yang mengandung berbagai vitamin, nutrisi, dan mineral, yang dikenal sebagai antioksidan.

Dilansir dari Healthline, berikut tujuh makanan terbaik untuk mata Anda. Sebagian besar biasanya tersedia sepanjang tahun dan dengan harga yang wajar. Anda dapat menikmatinya sendiri atau dengan resep yang lebih kompleks.

baca juga: Warna Alam di Cangkir: Langkah Membuat Teh Bunga Telang

1. Ikan

Ikan, khususnya salmon, bisa menjadi makanan yang enak dikonsumsi untuk kesehatan mata. Salmon dan ikan lainnya memiliki asam lemak omega-3. Ini adalah lemak "sehat". Asam lemak omega-3 dapat berkontribusi pada perkembangan visual dan kesehatan retina di bagian belakang mata. Mereka juga dapat membantu mencegah mata kering.

Salmon, dan kebanyakan ikan, bisa dibakar atau dipanggang. Cobalah membumbui dengan bumbu segar, lemon, serta garam dan merica untuk makan malam yang sederhana dan lezat.

2. Telur

Telur adalah makanan enak untuk kesehatan mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng, yang semuanya penting untuk kesehatan mata.

Vitamin A melindungi kornea. Kornea adalah permukaan mata. Lutein dan zeaxanthin menurunkan kemungkinan mendapatkan kondisi mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Seng berkontribusi pada kesehatan retina. Retina adalah bagian belakang mata. Seng juga membantu mata melihat di malam hari.

Telur sangat serbaguna dan bisa digunakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Cara sederhana untuk menikmati telur adalah dengan merebusnya hingga matang. Cobalah salad dan sandwich. Anda bahkan bisa makan telur rebus untuk camilan

Baca juga: Tips Menyimpan Frozen Food Agar Tidak Rusak

3. Kacang Almon

Kacang almond, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, umumnya baik untuk kesehatan mata. Almond mengandung vitamin E. Vitamin ini melindungi dari molekul tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat. Mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak.

Satu porsi almond mengandung sekitar 23 kacang, atau ¼ cangkir, dan memiliki 11 IU. Kacang dan biji-bijian lain yang mengandung vitamin E termasuk biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah.

Anda bisa menikmati almond sebagai camilan kapan saja. Mereka juga enak di sereal sarapan, yogurt, atau salad. Ingatlah untuk selalu memperhatikan ukuran porsi. Kacang almond mengandung kalori tinggi, jadi cobalah untuk membatasi asupan Anda menjadi satu hingga dua porsi sehari.

4. Produk Susu

Produk susu seperti susu dan yogurt bisa baik untuk kesehatan mata. Mereka mengandung vitamin A serta mineral zinc. Vitamin A melindungi kornea sementara seng membantu membawa vitamin itu ke mata dari hati.

Mineral penting ini membantu penglihatan malam serta pencegahan katarak. Produk susu dari sapi yang diberi makan rumput memberikan manfaat paling banyak.

Produk susu dapat dikonsumsi sepanjang hari. Anda bisa minum segelas dengan makanan atau menikmatinya dengan kopi dan teh, atau sereal sarapan. Yogurt merupakan pilihan sehat untuk sarapan atau sebagai camilan.

5. Wortel

Wortel terkenal baik untuk kesehatan mata. Seperti kuning telur, wortel memiliki vitamin A dan juga beta karoten. Vitamin A dan beta karoten membantu permukaan mata dan juga dapat membantu mencegah infeksi mata dan kondisi mata serius lainnya.

Wortel mudah dimakan saat bepergian. Julianne wortel utuh atau simpan sekantong wortel bayi berguna untuk camilan sore atau malam. Masukkan ke dalam salad dan sup untuk menambah nutrisi, atau hancurkan dan tambahkan ke dalam adonan muffin atau pancake.

6. Kale

Kale dikenal sebagai makanan super oleh banyak orang karena mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan mineral penting. Ini sangat baik untuk kesehatan mata.

Kale memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin, juga ditemukan dalam telur dan makanan lainnya. Nutrisi ini dapat membantu mencegah kondisi mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Lutein dan zeaxanthin tidak dibuat di dalam tubuh, jadi Anda harus memasukkannya ke dalam makanan Anda. Satu porsi 100 gram kangkung, yaitu sekitar 1 ½ cangkir, mengandung 11,4 mg lutein, dan Anda disarankan untuk mengonsumsi 10 mg per hari. Sayuran lain yang tinggi lutein adalah paprika merah dan bayam.

7. Jeruk

Jeruk dan buah jeruk lainnya mengandung vitamin C yang merupakan kunci kesehatan mata. Vitamin, yang ditemukan terutama dalam buah dan sayuran segar, berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah di mata Anda. Dapat melawan perkembangan katarak, dan dalam kombinasi dengan vitamin dan nutrisi lain, degenerasi makula terkait usia.

Untuk menikmati jeruk, Anda bisa meminum jus jeruk, mengupasnya sebagai camilan, atau menambahkannya ke dalam salad buah.

Baca juga: Lama Waktu Simpan Ayam Beku di Freezer




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp