Kelebihan dan Kelemahan Jaringan 4G dan 5G, Apa Saja?

By. Aditya Reyhan Y W - 25 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Teknologi yang semakin maju membuat jaringan yang digunakan juga terus mengalami kemajuan. Kemajuan pada jaringan 4G dan 5G telah membawa banyak perubahan yang cukup signifikan. Kedua teknologi ini memiliki manfaat yang sama namun dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut kelebihan dan kekurangan jaringan 4G dan 5G yang perlu anda ketahui seperti dilansir dari Guebanget.com.

Baca juga : Tips Menggunakan Drone, Apa Saja?

Kecepatan Jaringan

Dilihat dari namanya saja, sudah jelas bahwa jaringan 5G memiliki intensitas kecepatan yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan jaringan 4G. Secara teori jaringan 4G mampu memaksimalkan kecepatannya hingga angka 300 Mbps, meski faktanya hanya sampai 40 atau 60 Mbps saja. Namun, teori tersebut hanya berlaku di negara-negara maju yang memang sudah jempolan perihal teknologi.

Sedangkan di Indonesia, jaringan 4G rata-rata hanya mampu menyentuh angka 20 Mbps saja. Jaringan terbaru yakni 5G mampu mencapai kecepatan hingga 1 Gbps atau sekitar sepuluh kali lipat dari 4G. Namun faktanya, kecepatan dari jaringan ini ibaratnya masih sangat mengambang karena kurangnya dukungan teknologi saat ini. Teknologi 5G baru bisa dirasakan di beberapa negara yang sudah sangat maju dalam hal teknologi.

Dukungan Mobilitas

Jaringan 4G LTE memiliki peningkatan dukungan mobilitas tingkat tinggi yang menambah kenyamanan para penggunanya. Hal ini juga berlaku pada jaringan 5G. Namun, jaringan 5G saat ini masih berada dalam tahap pengembangan proyek. Salah satu negara yang sedang mengembangkan proyek 5G adalah Korea Selatan dengan menyediakan anggaran hingga 331 triliun won pada tahun 2020 sampai tahun 2026.

Baca juga : 4 Jenis Artificial Intelligence yang Perlu Diketahui!

Keamanan

Baik jaringan 4G maupun 5G keduanya masih cukup lemah perihal keamanan. Terlebih pada jaringan 5G yang keamanannya masih dalam proses pengembangan. Beruntungnya, beberapa negara siap menyediakan biaya yang besarnya tidak main-main demi memenuhi pengembangan peningkatan keamanan dan privasi.

Biaya Pengembangan

Pada saat mengembangkan teknologi jarangan 4G, biaya yang dikeluarkan oleh setiap negara bisa dibilang sangat tinggi. Sama halnya dengan teknologi 4G, teknologi 5G juga membutuhkan biaya yang tinggi guna mengembangkan infrastrukturnya. Hal ini dilakukan guna mendapatkan pelayanan yang ekstra maksimal agar pengguna merasa puas dan nyaman saat memakai kedua jaringan ini.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan dari jaringan 4G dan 5G. Baik 4G maupun 5G, keduanya diciptakan dan dikembangkan guna memfasilitasi aktifitas pada perangkat seluler agar lebih lancar.

Baca juga : Teknologi Retort Pouch: Inovasi Pengemasan yang Merevolusi Industri Makanan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp