Menurunkan Kolesterol dengan 7 Makanan ini, Apa Saja?

By. Aditya Reyhan Y W - 25 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Kolesterol tinggi memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner, stroke hingga diabetes. Kadar kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti obesitas, jarang berolahraga serta konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan tinggi lemak dan rendah serat berpotensi menaikkan kadar kolesterol.

Konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kalori sangat berpengaruh dengan peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh. Makanan yang tak cukup sehat menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh melalui lonjakan kolesterol yang bisa dihasilkan.

Kolesterol yang ada di dalam tubuh sebenarnya terdiri dari kolesterol baik (HDL) dan kolesterol buruk (LDL). Kolesterol buruk ini menjadi jenis kolesterol yang sangat mudah dipicu lonjakannya melalui konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan berkalori.

Para ahli selalu mengingatkan untuk rutin mengonsumsi makanan tinggi serat agar lonjakan kolesterol dapat terhindar dan membantu melancarkan pencernaan supaya sisa makanan tidak menumpuk di dalam tubuh dan membahayakan kesehatan.

Baca juga : Inilah 7 Manfaat Kesehatan dari Memakan Ikan Teri

Berikut 7 makanan enak yang bisa membantu menurunkan kolesterol, versi Harvard Health :

1. Oatmeal

Oatmeal menjadi menu sarapan sederhana yang begitu disarankan karena mengandung serat larut yang cukup tinggi dan sangat baik untuk tubuh. Konsumsi oatmeal di pagi hari diakui sangat baik untuk melancarkan pencernaan melalui seratnya serta mencegah lonjakan kolesterol buruk di dalam tubuh.

2. Biji-bijian

Biji-bijian seperti kacang polong memiliki serat larut yang sangat kaya di dalamnya. Biji-bijian jenis ini juga memiliki waktu yang cenderung lama untuk dicerna sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

3. Kacang-kacangan

Jenis-jenis kacang yang begitu disarankan misalnya kacang almond, walnut hingga kacang tanah yang ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung dan kardiovaskular.

4. Minyak sayur

Minyak sayur seperti minyak canola, minyak bunga matahari dan beragam jenis minyak sayur lainnya dinilai memiliki nutrisi yang sangat baik karena tidak membuat kolesterol buruk melonjak.

Baca juga : Inilah Kandungan Gizi dalam Scallop

5. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, anggur, strawberry dan buah yang cenderung asam sangat disarankan oleh ahli kesehatan karena memiliki kandungan pektin yang dinilai cukup baik. Jenis buah-buahan yang disebutkan diakui sangat kaya akan pektin serta serat larut yang ampuh untuk menurunkan kolesterol buruk.

6. Kacang Kedelai

Konsumsi kacang kedelai utuh maupun produk olahannya sangat disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tahu, tempe hingga susu kedelai sebisa mungkin direkomendasikan untuk dikonsumsi maupun ditambahkan ke dalam menu harian untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

7. Ikan

Konsumsi ikan juga dikatakan lebih sehat karena mengandung lemak omega-3 yang sangat sehat. Lemak omega-3 ini baik untuk menekan kenaikan trigliserida yang pada aliran darah dan juga menjaga jantung dari aktivitas abnormal yang dapat membahayakan.

Baca juga : Ketahui 6 Dampak Konsumsi Ayam Broiler bagi Kesehatan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp