Pertimbangkan 4 Hal ini Sebelum Membeli Elektronik

By. Aditya Reyhan Y W - 25 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Alat elektronik menjadi salah satu pelengkap kebutuhan rumah tangga. Meski bukan kebutuhan pokok, namun alat elektronik akan sangat membantu ketika tepat guna.

Oleh karena itu, dalam menentukan alat elektronik yang akan kita pakai, sudah barang tentu disesuaikan dengan kebutuhan, serta aspek estetika juga. Contohnya, rumah minimalis sudah tentu beda kebutuhan elektroniknya dibandingkan rumah gedongan.

Pendek kata, alat elektronik yang dibeli harus cocok dengan berbagai aspek rumah, serta harus tepat guna, agar tidak sia-sia.

Baca juga: 15 Tips Agar Jualan Online Laris yang Wajib Kamu Coba

Berikut beberapa ide memilih elektronik versi Webplus.id:

1. Kebutuhan

Dalam memilih alat elektronik, tentu haruslah disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya. Jangan sampai kita membeli alat elektronik yang sebenarnya tidak kita butuhkan, yang justru akan sia-sia.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum memutuskan untuk menambah alat elektronik, dipikirkan dulu, kebutuhan apa yang paling mendesak, dan memang paling membutuhkan bantuan alat elektronik.

Sebagai contohnya, di musim kemarau seperti sekarang ini misalnya, apa sih yang paling kita butuhkan? Sudah tentu diantaranya air conditioner (AC), kulkas, air cooler, atau kipas angin.

2. Ukuran

Setelah menyesuaikan kebutuhan, yang perlu dipertimbangkan adalah masalah ukuran. Jangan sampai membeli perangkat elektronik, yang terlalu besar dan terlalu kecil, karena sudah pasti akan mengurangi fungsinya.

Contohnya kita membutuhkan kulkas untuk menyimpan makanan. Perlu dipertimbangkan, seberapa banyak makanan yang perlu disimpan, kemudian ukuran dari kulkas itu sendiri tentu perlu dipertimbangkan. Jangan sampai terlalu besar, yang justru akan memakan terlalu banyak tempat.

Baca juga: Cara Daftar UMKM Secara Online, Dijamin Lebih Praktis

3. Daya listrik

Yang tak kalah penting dalam memilih alat elektronik, adalah kemampuan daya listrik. Maka sebelum membeli peralatan elektronik perlu dilihat dulu, berapa daya yang dibutuhakan. Biasanya dibox sudah tertera, atau kadang sales juga sudah memberitahukan.

4. Keuangan

Nah ini, yang terakhir adalah keuangan. Ini menjadi salah satu faktor penting dan penentu, karena tidak sedikit orang yang justru tergiur dengan produk lain ketika mendatangi toko elektronik.

Terlebih saat ini banyak sekali alat-alat elektronik yang canggih dan sifatnya khusus, dan menggiurkan khusunya bagi emak-emak.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak tergoda dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Bijaklah dalam membeli, pilih yang akan sangat sering digunakan, agar barang yang kita beli tidak sia-sia.

Baca juga: 15 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Dunia Digital




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp