Ketahui 4 Fungsi dari Marketing Perusahaan yang Harus Kamu Tahu!

By. Aditya Reyhan Y W - 25 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Seperti yang kita ketahui bahwa marketing merupakan ujung tombak perusahaan. Namun tahukah kamu tentang fungsi dari marketing yang lainnya? Jika belum simak baik-baik penjelasan berikut ini ya!

Baca juga: Ketahui 5 Perbedaan Sales dan Marketing Berikut Ini

1. Fungsi Perantara

Untuk dapat memberikan produk hingga ke tangan konsumen, seorang marketinglah yang akan menghubungkannya dari pihak produsen ke pihak konsumen.

2. Fungsi Pertukaran

Di dalam dunia marketing, konsumen bisa bebas untuk memilih produk dari brand mana saja dan menukarnya dengan uang atau dapat menukar produk dengan produk sendiri.

3. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi dari marketing salah satunya yaitu sebagai distribusi fisik dengan cara memindahkan produk dengan diangkut dan menyimpan produk tersebut. Produk-produk yang telah dimiliki oleh perusahaan akan didistribusikan kepada para konsumen. Baik melalui laut, udara, atau darat. Dalam hal tersebut, penyimpanan produk dilakukan supaya produk tetap terjaga pasokannya di pasar. Sehingga tidak akan terjadi kelangkaan ketika dibutuhkan oleh konsumen.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran yang Ampuh dan Efektif, Bisa Dicoba

4. Fungsi Lainnya

Fungsi lain dari marketing tak hanya sebagai pertukaran, perantara, ataupun distribusi fisik saja. Tapi masih ada fungsi lainnya yang dimiliki oleh seorang marketing handal berdasarkan manajemen pemasarannya, antara lain:

Marketing Sales

Tugas utama dari marketing sales adalah menghasilkan penjualan dari produk yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan memperoleh keuntungan dari setiap produk yang dijual.

Marketing Promosi

Marketing mempunyai tugas untuk mengenalkan sebuah produk kepada para calon konsumen secara umum supaya produk yang ditawarkan bisa lebih terkenal.

Marketing Riset dan Pengembangan

Marketing mempunyai tugas untuk mencari sebuah informasi dari sebuah produk yang diperlukan oleh konsumen. Selain itu, marketing juga perlu melakukan pengembangan produk yang sudah ada. Kemudian melaporkannya kepada perusahaan supaya segera dilakukan perbaikan atau tindal lanjut.

Marketing Communication

Marketing mempunyai tugas untuk membuat hubungan baik antara produsen dan konsumen, perusahaan dan masyarakat sekitar, dan perusahaan pada pihak yang berkaitan dengan bisnisnya.

Nah demikian tadi penjabaran beberapa fungi lain dari marketing perusahaan yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk klik like, komen dan share artikel ini ya !

Baca juga: 8 Strategi Promosi Produk yang Efektif, Dijamin Auto Cuan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp