Inilah 4 Manfaat Vitamin K yang Bermanfaat bagi Tubuh

By. Aditya Reyhan Y W - 25 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Vitamin K merupakan vitamin yang larut lemak sama seperti vitamin A, D, dan E. Vitamin K bersadarkan sumbernya dibedakan menjadi dua jenis yaitu vitamin K1 (phylloquinone) dan vitamin K2 (menaquinone).

Vitamin K1 terdapat pada sayuran hijau sepertu sawi, kale, dan bayam, sedangkan vitamin K2 terdapat pada produk hewani dan makanan fermentasi. Kebutuhan tubuh akan vitamin K pada setiap orang berbeda-beda bergantung pada jenis kelamin, usia, tingkat aktivitas, dan kondisi fidiologis tubuh.

Mengacu pada Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI, asupan vitamin K yang diperlukan oleh orang dewasa sebesar 55 – 65 mikrogram dalam satu hari. Vitamin K memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Baca juga: Kaya Akan Nutrisi, Ini 7 Kandungan Gizi Pada Tempe

Berikut ini adalah 4 manfaat vitamin K untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kekuatan dan kepadatan tulang

Vitamin K bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Kekurangan asupan vitamin K berkaitan dengan penurunan kepadatan tulang dan dapat meningkatkan risiko patah tulang.

Vitamin K berfungsi membentuk protein osteokalsin. Osteokalsin pada proses pengerasan tulang akan berikatan dengan ion kalsium dan mineral yang lain untuk mengatur bentuk dan ukuran tulang.

2. Menjaga fungsi kognitif

Vitamin K bermanfaat dalam menjaga fungsi kognitif berupa kemampuan untuk berpikir, mengingat, belajar, memecahkan masalah, mengambil keputusan, memusatkan pikiran, dan berlogika.

Baca juga: Buah Aren Hingga Jadi Kolang Kaling. Begini Prosesnya

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat vitamin K yang selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penyakit jantung dapat disebabkan oleh aliran darah yang tersumbat pada pembuluh darah di area jantung.

Sumbatan yang terjadi tidak hanya diakibatkan oleh tumpukan lemak tetapi juga karena endapan mineral. Vitamin K dapat mencegah pengendapan mineral yang ada pada pembuluh darah.

4. Membantu proses pembekuan darah

Vitamin K bermanfaat dalam membantu proses pembekuan darah. Vitamin K dapat membantu proses pengubahan prothrombin menjadi thrombin yang merupakan salah satu protein yang mempunyai peran penting dalam proses pembekuan darah.

Kekurangan asupan vitamin K dapat menyebabkan proses pembekuan darah menjadi terhambat.

Itu tadi beberapa manfaat vitamin K untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Buah Aren Hingga Jadi Kolang Kaling. Begini Prosesnya




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp