7 Shortcut Windows Key yang Harus Kamu Ketahui!

By. Aditya Reyhan Y W - 25 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Windows key adalah tombol bergambar logo Windows yang biasanya terdapat di deretan bawah keyboard. Fungsi utama dari Windows key ini adalah untuk memunculkan start menu. Selain itu, Windows key juga berfungsi sebagai shortcut atau jalan pintas.

Terdapat banyak shortcut Windows key yang dapat digunakan, mulai dari shortcut untuk membuka pengaturan hingga shortcut untuk menampilkan informasi sistem. Dilansir dari IDNTimes.com berikut beberapa di antaranya:

Baca juga : Kelebihan dan Kelemahan Jaringan 4G dan 5G, Apa Saja?

1. Membuka pengaturan

Windows key dapat digunakan untuk membuka halaman pengaturan Windows. Caranya cukup tekan kombinasi 'Windows key + I'. Dengan menggunakan shortcut ini, kamu dapat membuka halaman pengaturan Windows dengan lebih cepat daripada melakukannya secara manual.

2. Membuka file explorer

Salah satu shortcut Windows key yang penulis sering gunakan adalah shortcut untuk membuka file explorer. Shortcut ini sering digunakan karena file explorer merupakan salah satu software inti dalam sistem operasi Windows. Bagaimana cara cepat membuka file explorer? Kamu dapat menggunakan shortcut ini dengan menekan kombinasi 'Windows key + E'.

3. Melakukan screenshot

Windows key juga dapat digunakan untuk melakukan screenshot. Kamu bisa mengabadikan tangkapan layar Windows dengan ukuran penuh. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menekan kombinasi 'Windows key + PrtSc'. Hasil screenshot dapat kamu lihat di folder 'Pictures -> Screenshots'.

Baca juga : Catat! Ide Bisnis Untuk Anak Muda

4. Mengatur split screen

Mengatur split screen juga dapat dilakukan dengan menggunakan shortcut Windows key. Caranya, pilih salah satu jendela program, kemudian tekan kombinasi 'Windows key + Panah kiri'. Setelah itu, jendela program akan mengisi setengah layar komputer kamu. Untuk mengisi setengah layar lainnya, pilih jendela program lain, kemudian tekan kombinasi 'Windows key + Panah kanan'.

5. Membuka panel emoji

Emoji merupakan salah satu fitur penting yang diperlukan untuk mengekspresikan emosi saat sedang berkomunikasi melalui pesan teks. Pada ponsel, menu untuk mengakses panel emoji biasanya dapat ditemukan dengan mudah di bagian atas keypad. Lalu bagaimana cara memuncukan emoji di komputer? Kamu dapat mengakses panel emoji dengan menekan kombinasi 'Windows key + Titik (.)'.

6. Membuka panel clipboard

Clipboard (papan klip) merupakan area penyimpanan sementara untuk teks dan gambar yang kamu copy atau cut. Clipboard sangat berguna apabila kamu ingin melihat riwayat copy dan cut kamu. Lalu bagaimana cara memunculkan papan klip ini? Untuk membuka panel clipboard, kamu hanya perlu menekan kombinasi 'Windows key + V'.

7. Membuka system properties

System properties merupakan halaman Windows yang berisi informasi komputer seperti spesifikasi processor, kapasitas RAM, dan nama komputer. Umumnya, untuk masuk ke system properties kamu harus membuka file explorer, kemudian melakukan klik kanan pada 'This PC' dan memilih menu properties. Kamu juga dapat melakukannya dengan cara yang lebih cepat. Tekan kombinasi 'Windows key + Pause' di keyboard kamu.

Baca juga : 4 Jenis Artificial Intelligence yang Perlu Diketahui!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp