Tips Mengubah Gaya Hidup agar Lebih Sehat, Apa Saja?

By. Aditya Reyhan Y W - 26 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Dengan kehidupan yang semakin sibuk, banyak orang merasa mudah lelah. Badan terasa mudah capek, dan tidak memiliki energi. Ada banyak hal yang mempengaruhi hal itu, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Jika kelelahan yang Anda alami berkaitan dengan gaya hidup, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan tingkat energi Anda.

Baca juga: Eksplorasi Jenis-jenis Teh Hijau: Aroma, Rasa, dan Manfaat Kesehatan

Dilansir dari Healthline, berikut ini 9 cara mengubah gaya hidup dan meningkatkan energi secara alami agar tidak mudah lelah.

1. Tidur yang Cukup

Tidur adalah sesuatu yang kadang diabaikan oleh banyak orang. Diperkirakan 20-30% populasi umum mungkin mengalami kurang tidur, sehingga kehilangan waktu istirahat yang penting.

Kurang tidur ini dapat membuat Anda merasa lesu, pemarah, dan lelah. Jika Anda sering merasa seperti ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan apakah Anda sudah cukup tidur.

Disarankan untuk menargetkan sekitar 7 jam tidur per malam, meskipun beberapa orang membutuhkan lebih banyak dan yang lainnya membutuhkan lebih sedikit.

Jika Anda tidak tidur sebanyak yang Anda butuhkan, Anda dapat mencoba menenangkan diri dari hari Anda dengan perilaku santai sebelum tidur. Ini bisa berupa meluangkan waktu untuk mandi, membaca buku, atau tidur setengah jam lebih awal dari biasanya.

2. Kurangi Stres

Tidak jarang orang dengan kehidupan sibuk merasa stres, cemas, atau kewalahan. Perasaan stres dapat berarti Anda kesulitan berkonsentrasi, mengalami pikiran berlomba-lomba, dan sulit berhenti bekerja.

Ini dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda. Merasa stres terkait erat dengan kelelahan.

Dalam banyak kasus, mungkin tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan sumber stres dari hidup Anda. Namun, jika Anda meminimalkan stres terkait gaya hidup, hal itu dapat meningkatkan tingkat energi Anda.

Untuk mengurangi stres Anda bisa bersanti, membaca atau berjalan-jalan, sampai meditasi.

3. Olahraga

Olahraga teratur penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Jika Anda menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak, hal itu juga dapat meningkatkan tingkat energi Anda.

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, karena saat Anda merasa lelah, bangun dan menggerakkan tubuh dapat terasa seperti hal terakhir yang ingin Anda lakukan.

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa orang yang tidak banyak bergerak ternyata tidak bisa mengurangi kelelahan, sementara bagi yang aktif bersepeda secara teratur justru bisa mengurangi kelelahan sekitar 65%.

Untuk meningkatkan mobilitas tubuh, Anda dapat mencoba berjalan-jalan saat istirahat makan siang atau berjalan ke dan dari tempat kerja Anda.

4. Hindari Merokok

Merokok adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda.

Jika Anda seorang perokok, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tingkat energi dan kesehatan Anda adalah berhenti merokok.

Beberapa orang merasa terbantu dengan mengganti rokok dengan pengganti nikotin seperti permen karet atau rokok elektrik.

5. Hindari Alkohol

Minum alkohol adalah kebiasaan gaya hidup lain yang mungkin membuat Anda merasa mudah lelah. Ini karena alkohol dapat bertindak sebagai obat penenang dan membuat Anda merasa kantuk.

Karena itu, banyak yang percaya bahwa minuman beralkohol (atau “minuman keras”) akan membuat mereka tertidur dan membantu mereka tidur lebih nyenyak.

Namun, meminum alkohol secara teratur sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Ini bisa membuat Anda merasa lebih lelah daripada yang seharusnya.

Baca juga: Inilah Manfaat Mengkonsumsi Daging Merah untuk Kesehatan

6. Makan-Makanan Bergizi

Jika Anda selalu merasa lelah, lesu, dan kehabisan energi, mungkin ada baiknya untuk memperhatikan kebiasaan makan Anda.

Kebiasaan makan yang baik menurunkan risiko terkena penyakit kronis dan juga dapat memengaruhi tingkat energi dan perasaan Anda dari hari ke hari.

Tubuh membutuhkan bahan bakar untuk membuat Anda terus maju. Memilih makanan yang utuh dan bergizi di sebagian besar waktu akan memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

7. Kontrol Makanan yang Mengandung Gula

Saat merasa lelah, Anda bisa dengan mudah meraih camilan manis yang diisi gula.

Namun, meskipun gula dapat memberi Anda dorongan energi jangka pendek, gula akan cepat luntur (18Trusted Source).

Ini karena makanan tinggi gula menyebabkan gula darah Anda naik dengan cepat, terkadang disebut sebagai lonjakan gula darah. Ini menghasilkan tubuh Anda melepaskan insulin dalam jumlah besar untuk menurunkan gula darah Anda kembali.

Dipercaya bahwa naik turunnya gula darah inilah yang menyebabkan aliran energi yang diikuti dengan penurunan.

Misalnya, satu penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang makan sarapan sereal berisi gula menilai diri mereka lebih lelah daripada mereka yang makan sarapan sereal dengan karbohidrat yang lebih kompleks. Karbohidrat kompleks dilepaskan lebih lambat ke dalam aliran darah.

Untuk menjaga tingkat energi Anda lebih stabil dan mengurangi kelelahan, cobalah menghindari makanan tinggi gula tambahan.

8. Tetap Terhidrasi

Tubuh manusia terbuat dari 55-75% air. Pada siang hari, Anda kehilangan air melalui urine dan keringat. Jadi agar tetap terhidrasi, Anda perlu minum cukup air untuk mengimbangi kehilangan ini.

Dehidrasi dapat memengaruhi fungsi otak, suasana hati, dan tingkat energi Anda.

Dalam sebuah penelitian, pria muda yang kehilangan 1,59% cairan memiliki fungsi memori kerja yang lebih buruk dan mengalami peningkatan perasaan cemas dan kelelahan.

Agar tetap terhidrasi, pastikan Anda minum saat Anda haus. Ingat juga bahwa jika Anda banyak berkeringat karena cuaca panas atau sangat aktif, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak air.

9. Bersosialisasi

Hubungan sosial sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik. Di wilayah dunia dengan tingkat penyakit yang sangat rendah dan jumlah centenarian yang tinggi (orang yang hidup sampai lebih dari 100 tahun), salah satu faktor yang umum adalah jaringan dukungan sosial yang kuat.

Faktanya, orang-orang dengan jejaring sosial yang lebih kuat dianggap memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik seiring bertambahnya usia mereka.

Jika Anda merasa lelah dan tidak bersemangat, akan sangat membantu jika Anda keluar bersosialisasi dengan teman-teman, bergabung dengan klub sosial, atau memulai hobi baru yang membuat Anda bergaul.

Baca juga: Menemukan Kesehatan dalam Setiap Sudut: Manfaat Mengkonsumsi Teh Cascara




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp