5 Destinasi Wisata Indonesia Timur yang Wajib Kamu Kunjungi

By. Aditya Reyhan Y W - 26 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Sebagai negara maritim dan kepulauan, Indonesia memiliki banyak wisata laut yang indah yang tidak dimiliki negara lain. Pulau-pulau di Indonesia menawarkan pemandangan laut yang begitu memesona.

Hampir semua wilayah di Indonesia memiliki pantai yang indah. Tak terkecuali di wilayah Indonesia timur. Keindahan wisata laut di wilayah Indonesia timur tak hanya di kenal di dalam negeri namun hingga ke mancanegara.

Baca juga: Jangan Lewatkan 10 Spot Snorkeling di Indonesia Ini

Berikut ini kami merangkum destinasi wisata di Indonesia Timur yang wajib kamu masukan ke dalam daftar wisata yang bakal kamu kunjungi, yaitu:

1. Kepulauan Kei

Kepulauan Kei adalah gugusan pulau di kawasan tenggara Kepulauan Maluku yang kini termasuk dalam wilayah Provinsi Maluku.

Kepulauan Kei memiliki kumpulan pulau yang tak kalah indah, seperti Pulau Tanimbar Kei, Kuur, dan Taam. Masing-masing pulau memiliki pantai yang indah dan sayang kalau sampai dilewatkan ketika kita berkunjung ke Kepulaian Kei.

Seperti Pantai Ngurtafur dan Pantai Ohoidertawun, surga kecil yang membentang luas dengan hamparan pasir putih sejauh mata memandang dengan air laut yang jernih.

Wisata bawah laut di Kepualaun Kei juga tidak boleh dilewatkan. Kepulauan Kei dianugerahi terumbu karang yang produktif dan berlimpah, dikelilingi laut yang dalam.

Untuk mencapai destinasi wisata Indonesia timur ini diperlukan waktu satu jam penerbangan dari Kota Ambon.

2. Pulau Derawan

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Kepulauan Derawan menawarkan beragam potensi untuk menambah ekonomi masyarakat di kepulauan Derawan. Saat ini telah banyak warga sekitar yang bekerjasama dengan travel agent dari berbagai kota untuk melayani setiap pelancong yang ingin berlibur di kepulauan Derawan. Beragam macam jenis paket wisata disajikan dalam bentuk private trip dan juga open trip.

Para pecinta laut wajib mengunjungi destinasi wisata ini, karena terdapat banyak ikan-ikan berwarna-warni serta terumbu karang yang begitu indah. Telebih jika cuaca cerah, jarak pandang di bawah laut bisa mencapai sekitar 20 meter.

3. Kepulauan Alor

Ada beberapa pantai yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Pulau Alor, seperti Pantai Ling Al, Pantai Pigewa, Pantai Mali, dan Taman Laut Pantar, karena menawarkan pasir putih dan spot snorkeling yang indah.

Selain memiliki keindahan alam yang dapat dilihat secara langsung di daratan dan di pantai, juga memiliki keindahan alam dibawah laut berupa ikan-ikan langka nan indah serta karang dan tumbuhan-tumbuhan laut yang begitu mempesona.

Baca juga: 10 Taman Nasional Laut di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Ada 18 titik selam dengan keindahan alam yang disebut “Baruna’s Dive Sites at Alor”:

  • Baruna’s Point
  • Never – Never wall
  • Cave Point
  • Barrel Sponge Wall
  • Mola – mola Point
  • Night Snacks
  • Alor Expree / Alor Dreaming
  • Rocky Point
  • Three Coconuts
  • Moving Pictures
  • Eagle Ray Point
  • Rahim’s Point
  • Tuna Channel
  • Anemone Country
  • Sharks Reeway
  • Octopus Garden
  • Captain’s Choice
  • The Refrigerator

Selain potensi wisata bahari, Alor juga menyimpan sejumlah objek wisata yang memiliki daya tarik secara kultural dan historis yang jarang dijamah dan dikunjungi baik oleh penduduk setempat maupun oleh wisatawan.

Meski memiliki aksebilitas amat terbatas, tetapi bagi para pencinta petualangan alam justru menjadi tantangan dan keunikan.

4. Labuan Bajo

 

Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur sudah begitu tersohor tak hanya di dalam negeri namun juga di mancanegara. Di Labuhan Bajo, kita bisa menikmati wisata wisata laut, wisata budaya, sampai melihat hewan dari zaman purbakala pun bisa.

Tidak hanya itu, Labuan Bajo juga berisikan banyak destinasi gugusan pulau cantik yang bisa menjadi pelepas penat kita setelah sibuk berkutat dengan pekerjaan sehari-hari.

5. Sumba Timur

Sumba Timur menawarkan aneka destinasi wisata alam dan budaya yang memesona. Semua destinasi wisata hampir ada di sini, mulai dari pantai, air terjun, hingga kampung adat bisa ditemukan.

Beberapa destinasi wisata di Sumba Timur diantaranya, Pantai Kalala, Pantai Alfon Ndawa Lu, Tarimbang, Purukambera dan Walakiri sudah mendunia dan dikenal sebagai tempat berselancar yang indah.

Sisa-sisa kebudayaan megalitik berupa kubur batu dan rumah-rumah adat asli yang sering menjadi tempat pelaksanaan upacara adat penguburan jenazah bangsawan menarik minat para wisatawan. Wisata alam dapat dilakukan di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti.

Tempat wisata populer lainnya adalah Londa Lima, Watuparunu dan Purukambera. Selain itu, Sumba Timur juga mempunyai objek wisata alam Air Terjun Laputi.

Baca juga: 10 Taman Akuarium Laut dari Seluruh Dunia

 



Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp