7 Destinasi Wisata di Petungkriyono Pekalongan

By. Aditya Reyhan Y W - 27 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Wisata alam kawasan Petungkriyono di Pekalongan kini menjadi hits bagi warga Jawa Tengah dan luar daerah. Kawasan ini tak kalah dengan wisata alam seperti di Bandung, Malang, Karanganyar, Bandungan, atau Puncak Bogor. Petungkriyono justru memiliki destinasi yang cukup beragam, mulai dari wisata alam, air terjun, telaga, kopi dan lainnya.

Lokasinya ada di Kecamatan Petungkriyono di Kabupaten Pekalongan. Jika perjalanan melalui jalur tol, kalian bisa keluar tol di exit tol Soko-Duwet di Kota Pekalongan untuk keluar menuju Jalur Pantura.

Dari jalur Pantura Kota Pekalongan ini, kalian bisa langsung bisa menuju ke arah Ibukota Kabupaten Pekalongan dengan perjalanan sekitar 25 menit perjalanan ke arah selatan.

Dari ibukota Kabupaten Pekalongan yakni Kajen untuk menuju ke Petungkriyono, memakan waktu sekitar 50 menit perjalanan. Lumayan jauh. Namun, selama perjalanan rasa lelah kita terbayar dengan suguhan keindahan alam pedesaan.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Indonesia Timur yang Wajib Kamu Kunjungi

Jika kamu sedang ada di Pekalongan, wajib kunjungi 7 destinasi hits di Petungkriyono Pekalongan ini.

1. Wana Wisata Curug Lawe

Wana Wisata Curug Lawe (Dok. Instagram @petungkriyono_post)

Curug Lawe mejadi tujuan hits di Kawasan Petungkriyono. Menuju ke sini akan dimanjakan dengan pemandangan alam wana wisata yang menakjubkan. Di temani hutan hujan dan pohon pinus dari pegunungan Dieng, makin membuat betah dan enggak capek menuju Curug Lawe. Ada gardu pandang, hammock, kuliner, dan bisa jalan-jalan di sekitar wana wisata. Menuju Curug Lawe masih 1 jam dari wana wisata, jadi kalian bisa cukup mampir di Wana Wisata nya saja jika enggan sampai ke Curug Lawe

2. Highland Karang Srity

Kawasan Highland Karang Srity Petungkriyono Pekalongan (Dok. Instagram @petungkriyono_post)

Karang Srity ada di Desa Tlogopakis, Petungkriyono. Lokasi ini merupakan kawasan highland, dari sini bisa memandang keindahan alam Curug Kutis, Curug Srity, Curug Muncar, Gunung Bajing, dan lainnya. Kawasan ini juga tersedia campground, dengan pengeloala para pemuda setempet menyediakan 50 tenda untuk camping.

3. Welo Asri

Kawasan Welo Asri dan Black Canyon Petungkriyono Pekalongan (Dok. Instagram @petungkriyono_post)

Kawasan Welo Asri bisa dikatakan rest areanya Petungkriyono. Di sini ada berbagai fasilitas mulai dari tempat kuliner, mushola, area publik dan pemandangan Curug Sibedug dengan aliran air yang jernih. Di Welo Asri kalian bisa menikmati sejuknya air alami dengan susur sungai yang jernih dan bersahabat. Sungai di sini juga indah dengan pemandangan black canyonnya.

4. Curug Bajing

Kawasan Curug Bajing Petungkriyono Pekalongan (Dok. Instgram @petungkriyono_post)

Andalan Petungkriyono salah satunya Curug Bajing, tingginya 75 meter, arus deras, kolam dam, sehingga dilarang untuk berenang. Pemandangan sekitar Curug Bajing sangat menakjubkan, sangat alami dengan aneka flora dan fauna.

Baca juga: 10 Taman Akuarium Laut dari Seluruh Dunia

5. Telaga Mangunan

Kawasan Telaga Mangunan Petungkriyono Pekalongan (Dok. Instagram @petungkriyono_post)

Ada di Desa Tlogohendro, Petungkriyono. Memiliki luas sekitar 10 Hektare dan berada kira-kira di atas ketinggian 2.000 mdpl. Udara sejuk akan kalian rasakan di Telaga Mangunan saat mengunjunginya. Tempatnya sangat eksotis dengan pohon-pohon tua, air jernih, dan berkabut.

6. Distrik Kopi

Kafe kopi di Kawasan Petungkriyono, Heritige Coffee (Dok. Instagram @petungkriyono_post)

Petungkriyono juga dikenal dengan komoditi penghasil kopi. Banyak area atau distrik kafe yang menyuguhkan kopi arabika dan robusta khas Petungkriyono. Kalian bisa menyambangi salah satunya ada di Heritage Coffe, di Ecotourism Perhutani KPH Pekalongan, Petungkriyono. Tempatnya kecil tapi sangat nyaman, suasana dingin pegunungan, kursi, meja dan pemandangan alammnya bikin betah ngopi di sini.

7. Puncak Tugu Petungkriyono

Puncak Tugu Petungkriyono Pekalongan (Dok. Instagram @petungkriyono_post)

Puncak ini diberi nama Puncak Tugu Petungkriono karena terdapat Tugu Trianggulasi Peninggalan Belanda abda ke-18 dengan hiasan batu berwarna 40 x 40 cm dengan tinggi berkisar 70cm. Di ketinggian 2.117 Mdpl, kamu akan dimanjakan dengan panorama eksotis daerah sekitar dengan beberapa bukit di sekililingnnya. Di sebelah selatan kamu akan mendapati sebagian wilayah Banjarnegara dan di sebelah utara kamu akan mendapati kota Batang dan Pekalongan. Di Puncak Tugu juga banyak pecinta alam atau pengunjung untuk nge-camp.

Baca juga: Eksotis dan Unik Wisata Gua Kreo di Semarang




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp