3 Khasiat Konsumsi Minum Asam Jawa untuk Kesehatan

By. Aditya Reyhan Y W - 27 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Asam jawa atau tamarin masuk dalam tumbuhan polong-polongan karena memiliki buah yang mirip dengan kacang polong. Pohon asam banyak tumbuh di negara beriklim tropis.

Pohon asam berbentuk tinggi dan besar yang dapat disebut sebagai Tamarindus Indica. Buah asam jawa mempunyai rasa yang asam dan sedikit manis saat sudah matang.

Baca juga: Sarapan itu Dinikmati Jangan Buru-Buru, Simak Alasannya!

Buah asam jawa dapat dikonsumsi mentah maupun diolah terlebih dahulu. Asam jawa di Indonesia pada umumnya dijadikan sebagai bumbu masakan dan jamu. Saat ditambahkan sebagai bumbu rempah pada masakan, asam jawa akan menghasilkan rasa asam manis yang khas.

Asam jawa mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin B1, vitamin B3, potassium, magnesium, zat besi, dan juga fosfor. Asam jawa juga mengandung polifenol seperti flavonoid yang baik dalam mengatur kadar kolesterol.

Saat ini tersedia produk minuman kemasan dengan kandungan asam jawa di dalamnya. Minuman asam jawa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah 3 manfaat mengonsumsi minuman asam jawa untuk kesehatan.

1. Memiliki sifat antikanker

Minuman asam jawa memiliki sifat antikanker karena dapat mengurangi penanda stes oksidatif, selain itu juga dapat menunda perkembangan karsinoma pada sel ginjal. Buah asam jawa mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan dapat mengurangi dampak inflamasi yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Baca juga: Ketahui Manfaat Kopi bagi Kesehatan Otak

2. Melindungi hati

Manfaat dari asam jawa yang terdapat pada produk minuman kemasan adalah dapat melindungi organ hati. Organ hati merupakan organ yang penting untuk dijaga. Kandungan antioksidan pada buah asam jawa yang disebut dengan procyanidins dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas pada hati. Ekstrak hidroalkohol dari asam jawa diketahui dapat meningkatkan sistem anti peradangan untuk organ hati.

3. Antimikroba

Manfaat yang ketiga dari minuman asam jawa adalah sebagai antimikroba, yaitu antibakteri, antivirus, dan anti jamur. Pada asam jawa terkandung senyawa lupeol yang sering dikaitkan dengan efek antibakteri.

Itu tadi beberapa manfaat mengonsumsi minuman asam jawa untuk kesehatan.

Baca juga: Beragam Macam Manfaat Daun Pisang bagi Kesehatan, Simak Yuk!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp