10 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjadi Distributor

By. Aditya Reyhan Y W - 27 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Ketika kita hendak memulai suatu pekerjaan tentunya kita harus mempersiapkan berbagai hal. Tak terkecuali ketika kita hendak berbisnis sebagai seorang distributor, kita juga harus menyiapkan beberapa hal. Apa saja yang perlu kita persiapkan, simak penjelasan kami berikut ini.

Baca juga: Cara Mudah Registrasi Akun WebPlus.id untuk Membuat Website

1. Kenali target pasar dengan baik

Para produsen akan menjaga hubungan baik dengan distributor karena perannya yang lebih dekat dengan pasar. Karena itulah, kamu perlu mengenali target pasar dengan baik agar produsen menilai kamu sebagai partner yang berharga.

2. Tentukan strategi dan channel yang tepat

Untuk mulai menjadi distributor, pastikan kamu benar-benar mengerti ingin bergerak di industri seperti apa. Hal ini akan menentukan strategi yang tepat agar kamu bisa memilih saluran distribusi yang cocok untuk digeluti pada masa mendatang.

3. Buat rencana bisnis

Seperti memulai bisnis lainnya, kamu juga harus membuat perencanaan yang baik untuk mulai menjadi distributor dari pabrik. Dengan cara ini, siapkan keterampilan manajemen, pengetahuan terkait supply chain, pengelolaan keuangan, dan pelatihan pemasaran untuk memimpin dan menjalankan sistem bisnis.

Baca juga: 

4. Uji kelayakan produk

Saat menjadi seorang distributor, kamu tidak akan mengetahui proses produksi secara langsung. Produk yang diterima hanya produk siap jual. Nah, di tahap inilah kamu harus melakukan pengujian atas produk yang akan dipasarkan. Pastikan produknya layak jual agar kamu tidak mengecewakan para pelanggan. Jika pelanggan kecewa, bisnis juga tidak akan berjalan lancar.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Teknologi Pengawetan Makanan

5. Pilih industri yang kompetitif

Kamu juga perlu melakukan riset terkait industri yang kompetitif agar dapat bertahan. Produk yang dibuat dengan baik tetap akan unggul di pasaran. Pertimbangkan jenis perusahaan yang akan diajak bekerja sama.

6. Jalin hubungan (networking) yang kuat

Kunci utama untuk membuat bisnis distribusi yang sukses adalah menjalin jaringan yang kuat dengan para pelaku ritel. Pahami dengan baik tentang target pasar dan klien yang akan diajak bekerja sama untuk mengembangkan kemitraan yang lebih kuat. Jaga komunikasi tetap terbuka untuk memberi kesempatan pada lebih banyak mitra yang potensial.

7. Pilih layanan logistik terpercaya

Pikirkan sumber inventaris berasal dan tempat untuk menyimpan semuanya. Urusan logistik adalah komponen yang sangat krusial dari keberhasilan distributor. Pelihara semua layanan tersebut agar lebih terorganisir dan pilih strategi yang jelas untuk langkah-langkah operasional. Beri penilaian yang baik dari kebutuhan manajerial hingga pengiriman agar berlangsung sistematis.

8. Siapkan lisensi yang sah

Untuk dapat mengelola bisnis dengan baik, kamu perlu mendaftarkan perusahaan dan memastikan izin yang sesuai untuk dapat beroperasi. Baik izin operasional dalam komponen pasar maupun izin usaha di lokasi harus diatur dengan baik. Meski membutuhkan upaya hukum, pastikan untuk tidak mengabaikannya agar bisnis berlangsung dengan aman dan lancar.

9. Tentukan tenaga kerja berkualitas

Hal terpenting dalam proses distribusi barang dari pabrik ke ritel atau konsumen adalah pelayanan dan pemasaran. Kemampuan tersebut menjadi hal yang harus dimiliki oleh distributor. Karena itu, kamu juga perlu menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas agar mendapat kepercayaan dari pabrik.

10. Proyeksikan tujuan di masa depan

Perkembangan teknologi tidak dapat diabaikan dari semua tren bisnis saat ini. Semua proses digital akan menjaga bisnis tetap berlangsung dengan baik. Toko online akan membentuk 20% dari pertumbuhan penjualan ritel di pasar.

Nah demikian tadi hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi distributor. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan semangat untuk berwirausaha.

Baca juga: Wajib Ketahui 6 Perjanjian Bisnis ini di Dunia Usaha




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp