Siapkan 6 Hal ini Bila Ingin Menjadi Supplier Pasar Modern

By. Aditya Reyhan Y W - 27 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Sebelum memutuskan untuk memasok produk ke ritel modern, sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya agar hubungan kerjasama antara perusahaan dengan pihak ritel bisa berjalan lancar. Agar segala hubungan dengan perusahaan ritel modern, baik dari suplai produk dan pembayaran bisa berjalan lancar, maka sangat diperlukan beberapa persiapan sebelum memasok produk.

Berikut ini, persiapan yang sangat penting dilakukan untuk memasok produk di pasar modern.

Baca juga: 5 Alasan Kecap Ikut Mengambil Peran Dalam Pertumbuhan Ekonomi

1. Mencari Tahu Database Pasar Modern

Persiapan pertama yang harus dilakukan sebelum memasok produk di pasar modern adalah mencari tahu database pasar modern. Perusahaan yang ingin memasok produknya harus siap dengan database ritel modern yang ada di wilayah kerjanya. Database tersebut sangat penting untuk mengetahui dan menetapkan jadwal kunjungan ke ritel modern tersebut. Untuk memperoleh database, bisa dilakukan melalui survey pelanggan, yellow page, Internet, direktori dari lembaga terkait, iklan, dan lain sebagainya.

2. SDM (Sumber Daya Manusia)

Tidak bisa diingkari bahwa di dalam pasar modern, supplier produk harus memiliki Sales Promotion, Merchandiser, Collector, dan SDM Delivery. Adanya SDM tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan dalam mempromosikan dan memastikan produk sampai kepada konsumen. Selain itu, pihak pasar modern adalah pihak yang secara langsung memasarkan dan menjual produk dari berbagai supplier. Untuk bisa menjalin kerjasama dengan pihak pasar modern, perusahaan membutuhkan tenaga yang ahli untuk mengenalkan produk kepada pihak pasar modern.

3. Armada Pengiriman (Delivery)

Seperti yang telah diungkap sebelumnya, setiap perusahaan ritel modern akan menuntut agar produk bisa disalurkan dengan lancar. Maka dari itu, sangat penting adanya armada pengiriman untuk memastikan produk bisa sampai tepat waktu. Armada pengiriman meliputi segala Sumber Daya Manusia dan fasilitas berupa mobil box, mobil van, sepeda motor, dan alat pengungkit atau trolly. Dengan sumber daya tersebut, maka akan mempercepat proses pengiriman dan penyampaian produk kepada pihak ritel modern.

Baca juga: 12 Usaha Rumahan yang Patut Dicoba untuk Ibu Rumah Tangga

4. Gudang Persediaan

Gudang persediaan sangat penting untuk mengatasi berbagai masalah, misalnya ketika ritel meminta barang secara tiba-tiba. Gudang berfungsi untuk menjaga stok secara berkesinambungan untuk memaksimalkan permintaan pihak ritel modern. Selain itu, adanya gudang juga bisa sebagai sarana untuk menjaga barang agar tidak cepat rusak. Tapi, adanya gudang harus disesuaikan dengan pola bisnis atau arus barang yang dikelola. Adanya gudang bisa menjadi pertimbangan bagi pasar ritel untuk menerima atau menolak produk di perusahaan masing-masing.

5. Perizinan, Barcode dan Sertifikasi Halal

Perizinan menjadi hal yang sangat penting sehingga tidak boleh diabaikan untuk bisa memasok produk ke pasar modern. Setiap perusahaan yang ingin memasukkan produknya harus mengetahui perizinan yang diminta oleh pihak ritel modern. Biasanya, perizinan yang dimaksud mencakup NPWP, SIUP, dan Tanda Daftar Perusahaan. Selain itu, bagi pemain lama dibutuhkan sertifikat pengalaman memasok ke ritel lain. Bagi perusahaan konsumsi makanan dan minuman, harus sudah memiliki sertifikasi halal atas produk dan proses pembuatan produk dari MUI.

Satu hal yang menjadi nilai unggul sebelum memasok produk adalah tanda barcode yang tertera pada kemasan produk. Barcode merupakan bukti bahwa perusahaan telah menggunakan teknologi yang terbaru untuk mendata dan mengidentifikasi setiap produk yang dijual.

6. Sarana Komunikasi

Meskipun saat ini komunikasi lebih mudah dengan cara digitalisasi, tapi sarana komunikasi berupa telepon dan fax menjadi sarana yang tidak terpisahkan dalam proses bisnis. Sarana komunikasi ini akan sering digunakan terkait dengan proses pemesanan, terutama pemesanan mendadak atau ketika terjadi komplain atas produk. Biasanya, perusahaan ritel telah memiliki media komunikasi sendiri yang pastinya perusahaan yang ingin memasok produk harus mengikuti media yang digunakan.

Nah itu tadi hal-hal yang harus dipersiapkan ketiika kamu memutuskan untuk masuk ke pasar ritel modern. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari kami.

Baca juga: 6 Jenis Usaha Kecil Menengah yang Patut untuk Dicoba




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp