3 Usaha Sampingan Karyawan untuk Mencari Penghasilan Tambahan

By. Aditya Reyhan Y W - 27 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Seringkali penghasilan yang diperoleh dari menjadi seorang karyawan di kantor tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Usaha sampingan karyawan dapat menjadi solusi agar mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan yang semakin beragam. Banyak karyawan yang berusaha untuk mencari penghasilan tambahan tanpa menganggu pekerjaannya sebagai karyawan.

Baca juga: Tutorial Format Video Menjadi Audio, Catat!

Ada beberapa usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh karyawan tanpa mengganggu pekerjaan utama dan hanya memerlukan modal yang relatif minim. Berikut ini adalah 3 ide usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh karyawan.

1. Menjadi seorang freelancer

Apabila anda mempunyai kemampuan lain diluar pekerjaan utama seperti menulis, mendesain, hingga membuat program maka anda dapat menjadi seorang freelancer.

Bekerja dengan sistem lepas dapat menjadi peluang usaha sampingan untuk karyawan. Hal ini disebabkan karena menjadi seorang freelancer membuat orang menjadi lebih fleksibel dalam menerima proyek dan dapat leluasa dalam mengatur waktu pengerjaannya.

2. Menjadi tutor mata pelajaran

Ide usaha sampingan karyawan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menjadi tutor mata pelajaran. Sebelum menjadi tutor mata pelajaran tertentu maka pastikan anda menguasai mata pelajaran tersebut terlebih dahulu.

Menjadi seorang tutor mata pelajaran dapat dilakukan sepulang kerja atau dihari libur bekerja sebagai karyawan. Menjadi tutor mata pelajaran tidak membutuhkan modal yang besar sehingga dapat dengan mudah dilakukan sebagai pekerjaan sampingan karyawan.

Baca juga: Fitur Transcription Youtube: Mudahkan Hasil Transkrip Secara Otomatis

3. Menjadi youtuber

Usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh karyawan yang selanjutnya adalah menjadi youtuber. Apabila anda merupakan seorang karyawan di kantor, pada umumnya anda mempunyai waktu luang diakhir pekan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten video yang nantinya dapat diunggah ke platform Youtube.

Video yang dibuat tidak harus terlalu rumit, anda dapat membuat video berupa video tutorial, komedi, hobi, ataupun olahraga. Perlengkapan yang harus disiapkan untuk menjadi youtuber pemula adalah dengan menggunakan gadget yang anda miliki.

Gadget dapat digunakan untuk merekam konten, mengedit video, dan menggunggah video hanya dengan internet. Apabila channel yang kamu jalankan semakin berkembang, maka kamu dapat memulai menambahkan berbagai perlengkapan yang lebih professional.

Itu tadi beberapa 3 ide usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh karyawan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Rekomendasi Headphone Gaming, Dijamin Main Game Makin Seru!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp