8 Tips Menyimpan Sayur agar Tidak Cepat Busuk

By. Aditya Reyhan Y W - 30 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Sayuran segar adalah komponen penting dalam pola makan sehat. Namun, seringkali kita mengalami masalah ketika sayur cepat membusuk dan menjadi tidak layak konsumsi. Agar dapat menikmati sayuran yang segar dan tahan lama, berikut adalah beberapa tips tentang cara menyimpan sayur agar tidak cepat rusak:

Baca juga: 3 Khasiat Konsumsi Minum Asam Jawa untuk Kesehatan

1. Pisahkan sayuran yang matang dan yang belum matang

Sayuran yang sudah matang umumnya akan mempercepat pematangan sayuran lainnya. Jadi pastikan untuk menyimpan sayuran yang matang secara terpisah.

2. Jaga kelembaban

Beberapa sayuran seperti brokoli, wortel, dan seledri membutuhkan kelembaban untuk tetap segar. Kamu dapat membungkus sayuran dalam kain bersih yang sedikit lembab atau menaruh ke dalam wadah berisi sedikit air untuk menjaga kelembaban.

3. Jangan mencuci sayuran sebelum disimpan

Cuci sayuran hanya sebelum kamu akan menggunakannya. Mencuci sayuran sebelum disimpan dapat membuatnya lebih cepat membusuk.

4. Simpan di tempat yang sejuk dan gelap

Sebagian besar sayuran membutuhkan suhu yang rendah untuk tetap segar. Tempatkan sayuran di lemari es atau di tempat yang sejuk dan gelap di dapurmu

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengolah Daging Ayam

5. Gunakan kertas atau wadah yang tidak kedap udara

Beberapa sayuran, seperti daun hijau, dapat ditempatkan dalam kantong kertas atau wadah yang memungkinkan sirkulasi udara. Hal ini membantu menghindari pembusukan yang disebabkan oleh kelembaban berlebih.

6. Hindari menyimpan bersama dengan buah yang mengeluarkan etilen

Beberapa buah, seperti apel dan pisang, mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat pematangan dan pembusukan sayuran. Jadi, hindari menyimpan sayuran bersama dengan buah-buahan ini.

7. Potong bagian yang rusak

Jika ada bagian sayuran yang mulai membusuk atau rusak, segera potong bagian tersebut untuk mencegah penyebaran pembusukan ke bagian lain.

8. Perhatikan umur simpan

Setiap jenis sayuran memiliki umur simpan yang berbeda. Coba periksa petunjuk pada kemasan atau cari informasi di internet untuk mengetahui berapa lama kamu bisa menyimpannya.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat memperpanjang masa simpan sayuran dan menjaga kualitasnya agar tetap segar lebih lama. Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa sayuran lebih baik dikonsumsi dalam waktu singkat setelah pembelian untuk mendapatkan manfaat gizi maksimal. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Menurunkan Kolesterol dengan 7 Makanan ini, Apa Saja?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp