Ketahui 4 Tipe Kepribadian Anda Sejak Lahir

By. Aditya Reyhan Y W - 31 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Kepribadian yang dimiliki setiap individu sangatlah bervariasi dan berbeda antar satu dengan yang lainnya. Hal tersebut yang membuat setiap individu memiliki keunikannya masing-masing. Tahukah anda bahwa kepribadian yang dimiliki seseorang sudah ada sejak lahir dan tidak akan berubah. Namun, masih dapat berkembang seiring berjalannya waktu karena adanya pengaruh dari lingkungan. Keempat kepribadian tersebut disebut juga sebagai The Four Temprament yang membagi kepribadian manusia menjadi 4 yaitu melankolis, sanguinis, plegmatis dan koleris. Berikut ciri dari kepribadian tersebut:

Baca juga: Cara Bersikap Saat Dihadapi Harapan yang Tidak Tercapai

1. Melankolis

Melankolis dikenal sebagai seorang yang mirip dengan introvert. Melankolis sulit untuk membangun hubungan intim dengan orang lain karena standar yang tinggi dan sulit untuk mempercayai orang lain. Melankolis juga merupakan seorang yang berhati-hati, teliti, pemikir dan cenderung perfeksionist. Melankolis senang membuat detail rencana, taat dan rapi serta taat dengan aturan yang berlaku

2. Sanguinis

Sanguinis dikenal sebagai tipe yang memiliki karakter kuat. Sanguinis merupakan seorang yang optimis, kreatif dan menyukai petualangan. Sanguinis tidak tahan dengan suasana hening atau hal yang membuat bosan. Sanguinis akan senang bila aktif melakukan suatu hal karena memiliki energi yang banyak dan mudah bergaul. Kelemahan sanguins akan terlihat saat menghadapi masalah karena akan cenderung melarikan diri dan mencari kesenangan.

Baca juga: Hari Ibu: Ciptakan Hubungan Antara Ibu dan Anak yang Positif

3. Plegmatis. Plegmatis dikenal sebagai pecinta damai. Plegmatis menghargai kedekatan, perhatian, dan memiliki emosi yang stabil. Plegmatis sering menjadi penengah dalam suatu masalah karena sifatnya yang netral dan setia. Namun kelemahan plegmatis yaitu memahami orang lain melalui imajinasinya sendiri dan cenderung memaksa orang lain agar sepemikiran dengannya.

4. Koleris. Koleris dikenal sebagai seorang yang ambisius. Koleris cenderung focus pada tujuan yang ingin dicapai dan berusaha keras untuk mencapainya. Koleris memiliki motivasi yang tinggi, analitis logis dan tidak suka berbasa-basi. Koleris cenderung keras kepala dan hanya suka berkumpul dengan orang-orang yang memiliki sifat sama. Meskipun begitu seorang koleris tetap menyukai pembicaraan yang mendalam dan bermakna.

Keempat kepribadian tersebut bukanlah suatu hal yang mutlak. Ingatlah bahwa kepribadian manusia sangat bervariatif dan setiap individu memiliki keunikannya masing-masing. Sekian artikel mengenai 4 tipe kepribadian. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 7 Dampak bagi Tubuh Jika Kekurangan Vitamin A




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp