Self Love: Terima dan Hargai Segala Aspek di dalam Dirimu

By. Aditya Reyhan Y W - 31 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Mencintai diri sendiri dengan menerima dan menghargai seluruh aspek yang ada dalam diri merupakan pengertian dari self love. Self love mengharuskan kita untuk memperlakukan diri kita sebaik-baiknya. Pengertian tersebut sering disalah gunakan dan dikaitkan dengan sifat egois atau selfish. Hal tersebut dikarenakan individu dengan self love akan cenderung mengutamakan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain.

Padahal sebenarnya tidak, dengan self love kamu akan melihat dirimu yang sebenarnya, menerima kelemahan atau kelebihan yang ada dan akan membuat dunia lebih positif, percaya diri serta mampu menghargai pendapatmu sendiri. Dengan begitu kamu akan menjadi individu yang lebih baik dalam segi kesejahteraan, kesehatan dan kehidupan sosial.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan self love dalam dirimu:

Baca juga: Ketahui 4 Tipe Kepribadian Anda Sejak Lahir

1. Kamu harus mengenal dirimu sendiri dengan menerima dan memahami apa kelebihan dan apa kelemahan yang ada pada dirimu, impian yang ingin dicapai dan ketakutan dan kekuatan yang dimiliki. Cobalah untuk memperbaiki hal yang tidak kamu sukai dan kamu bisa mulai untuk memahami apa yang ingin kamu lakukan dalam hidup.

2. Lakukan self care dengan cara mengelola rutinitas seperti berolahraga rutin, tidur yang cukup, makan makanan bergizi dan bersosialisasi di lingkungan yang sehat.

3. Berikan Batasan pada hal-hal yang merugikan atau membuatmu tidak nyaman. Hindari pertemanan yang tidak sehat, berhenti membandingkan diri dengan orang lain dan jangan terlalu memikirkan pendapat orang lain karena kamu unik dengan apa adanya dirimu.

Baca juga: Cara Bersikap Saat Dihadapi Harapan yang Tidak Tercapai

4. Belajar dari kesalahan masa lalu. Memaafkan dirimu atas kesalahan atau kegagalan yang pernah terjadi kemudian tetapkan tujuan atau motivasi yang ingin kamu pegang dalam hidup.

Meskipun self love baik dan bermanfaat untuk dilakukan, bukan berarti kamu bebas untuk melakukan apapun dalam hidup tanpa memikirkan orang lain. Tetaplah menjadi individu yang mampu mencintai diri sendiri dan tetap memiliki empati. Setiap individu adalah pribadi yang berhak dan layak mendapatkan cinta, terutama dari diri sendiri. Sekian artikel terkait self love, semoga bermanfaat!

Baca juga: Hukumnya Memakan Harta Milik Anak Yatim, Auto Neraka!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp