Memiliki Hobi Memberikan Pengaruh Positif dalam Hidup

By. Aditya Reyhan Y W - 31 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Kegiatan yang dapat dinikmati dan dilakukan untuk mengisi waktu luang serta melibatkan komitmen dan tindakan disebut sebagai hobi. Hobi dilakukan untuk mendapatkan kesenangan. Salah satu ciri bahwa anda memang benar-benar menyukai hobi anda yaitu anda tidak merasakan waktu berlalu dan tidak terasa memberatkan saat dilakukan.

Tahukah anda, sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa memiliki hobi dapat memberikan pengaruh positif pada kondisi mental seperti membuatmu bersemangat, mengurangi stress dan membuatmu lebih santai, membangun hubungan baru hingga mendapatkan sumber inspirasi.

Berikut beberapa jenis hobi yang bisa dilakukan serta manfaatnya:

Baca juga: Cara Bersikap Saat Dihadapi Harapan yang Tidak Tercapai

1. Hobi Berkreasi

Hobi ini bisa dilakukan bagi anda yang memiliki minat dalam menulis, melukis, menari, memasak dan lainnya yang membutuhkan kreatifitas. Hobi ini cocok bagi anda yang gemar mempelajari atau membuat hal baru seperti mencoba membuat resep masakan, belajar menari tarian terkini atau melukis suatu objek. Hobi ini dapat memberikan anda rasa pencapaian, menenangkan pikiran serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

2. Hobi Berolahraga

Hobi ini bisa dilakukan bagi anda yang gemar untuk aktif bergerak dan beraktivitas. Hobi berolahraga yang bisa dilakukan seperti bermain bola, jogging, renang, bermain bulu tangkis, bersepada dan masih banyak lagi. Meskipun hobi ini memerlukan banyak tenaga dan cenderung menggunakan fisik, terdapat beberapa manfaat yang dirasakan seperti membuat tubuh lebih bugar dan sehat, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan suasana hati dan mengurangi pikiran-pikiran negatif.

Baca juga: Ketahui 4 Tipe Kepribadian Anda Sejak Lahir

3. Hobi Menjadi Lebih Baik

Hobi ini bisa dilakukan bagi anda yang menyukai kegiatan untuk mengembangkan diri anda atau kegiatan yang dilakukan untuk diri sendiri seperti membaca buku, mengikuti pelatihan, mendalami ajaran agama atau merawat diri dengan menggunakan skincare. Hobi ini dapat meningkatkan produktivitas dan menambah ilmu pengetahuan. Selain itu, hobi ini juga bisa membuat kita menghargai diri sendiri.

Untuk menemukan hobi yang tepat, anda harus mencoba berbagai hal baru dan sesuaikan dengan preferensi serta kemampuan diri anda. Anda juga bisa mengingat aktivitas apa yang anda sukai dan bisa anda nikmati. Sekian artikel mengenai hobi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Self Love: Terima dan Hargai Segala Aspek di dalam Dirimu




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp