5 Pilar Kebahagiaan yang Wajib Diterapkan

By. Aditya Reyhan Y W - 31 Oct 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Lima pilar kebahagiaan disini merupakan kunci untuk mendapatkan pengalaman dan kesejahteraan hidup yang baik serta bermakna. Kelima pilar ini merupakan kombinasi antara perasaan-perasaan baik yang berfungsi efektif pada kebahagiaan.

Beriku adalah 5 Pilar Kebahagiaan yang wajib untuk diterapkan:

Baca juga: Self Love: Terima dan Hargai Segala Aspek di dalam Dirimu

1. Positive Emotion (Emosi Positif)

Emosi positif merupakan bagian dari kebahagiaan yang didalamnya terdapat kesenangan, keceriaan, kegembiraan dan emosi positif lainnya. Emosi ini dapat membantu individu untuk berpikiran terbuka dan mudah beradaptasi dalam berbagai situasi. Emosi postif hadir dalam berbagai bentuk yang muncul seperti rasa syukur, rasa bangga, kagum dan harapan. Emosi positif muncul dari berbagai aktivitas seperti makan saat lapar, minum saat haus, dan tidur saat mengantuk. Emosi positif juga dapat dimunculkan dengan menggunakan quality time Bersama orang-orang terdekat yang membuatmu nyaman. Selain itu, emosi positif juga dapat muncul apabila kita merefleksikan atau mengingat suatu peristiwa atau hal baik yang pernah dialami.

2. Engagement

Engagement merupakan perasaan terlibat dengan apa yang sedang kamu kerjakan sehingga membuatmu dapat menikmati waktu saat melaksanakan aktivitas tersebut. Dengan kata lain, kamu mendapatkan kesenangan dengan suatu hal yang sedang kamu kerjakan. Untuk mendapatkan perasaan ini, kamu bisa mencari tahu kekuatan atau kelebihan apa yang ada dalam dirimu dan lakukanlah kegiatan yang sesuai dengan minat atau passion yang kamu miliki.

Baca juga: Memiliki Hobi Memberikan Pengaruh Positif dalam Hidup

3. Hubungan

Hubungan merupakan perasaan yang dapat membuatmu merasa didukung dan dihargai. Bisa dicapai dengan membangun hubungan kuat antar keluarga, teman, atau lingkungan dan bergabung dengan komunitas yang kamu minati.

4. Meaning

Meaning merupakan suatu tujuan yang ingin kamu capai yang berkontribusi terhadap kebahagiaanmu dan memiliki dampak pada orang lain bukan hanya diri sendiri serta membuat hidupmu lebih bermakna. Hal ini bisa dicapai dengan mencoba berbagai kegiatan baru seperti bakti sosial atau menghabiskan waktu Bersama orang-orang terdekat

5. Achievement

Achievement merupakan sebuah pencapaian yang berkontribusi terhadap kebahagiaanmu. Dengan mendapatkan suatu pencapaian tertentu, kamu akan merasa bangga terhadap dirimu sendiri. Untuk mendapatkan perasaan ini, lakukan lah suatu hal yang bisa membuatmu bangga dan berikan reward untuk dirimu sendiri.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara Bersikap Saat Dihadapi Harapan yang Tidak Tercapai




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp