Inilah Manfaat Memiliki SIUP dalam Bisnis

By. Aditya Reyhan Y W - 01 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan adalah dokumen resmi yang menjadi dasar legalitas suatu perusahaan dalam menjalankan aktivitas usaha.

Surat atau dokumen ini wajib dimiliki oleh kamu yang akan mendirikan usaha perdagangan agar keberadaan kegiatan usaha yang kamu jalankan bisa mendapat izin untuk menjalankan bisnis perdagangan.

Baca juga: Wajib Ketahui 6 Perjanjian Bisnis ini di Dunia Usaha

SIUP sendiri dibedakan menjadi 4 jenis yaitu SIUP Mikro, SIUP Kecil, SIUP Menengah, dan SIUP Besar yang digolongkan berdasarkan modal dan kekayaan bersih. Berikut ini adalah 4 manfaat memiliki SIUP.

1. Legalitas usaha perdagangan

SIUP yang dimiliki menandakan bahwa usaha atau bisnis yang kamu bangun memiliki legalitas resmi dan diakui. Usaha yang kamu jalankan tidak lagi berstatus illegal ataupun liar sehingga usaha yang kamu jalankan mempunyai perlindungan hukum.

Tidak ada pihak yang dapat sembarangan membubarkan ataupun menertibkan usaha yang kamu jalankan seperti satpol PP.

2. Syarat memperoleh modal

Manfaat dalam memiliki SIUP selanjutnya adalah sebagai syarat memperoleh suntikan modal. Apabila kamu mengajukan pinjaman ke bank untuk modal usaha, maka pihak bank akan memberikan syarat berupa SIUP untuk dipenuhi.

Tidak hanya untuk mendapatkan modal, tetapi SIUP juga menjadi syarat apabila kamu ikut pelelangan barang.

Baca juga: Mengenal 5 Perbedaan Utama Antara Merger dengan Akuisisi

3. Mendukung perdagangan internasional

Manfaat memiliki SIUP yang ketiga adalah mendukung perdagangan internasional, karena sebagai pengusaha tentunya kamu menginginkan apabila produk yang kamu jual dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi dan tidak menutup kemungkinan untuk menjangkau pasar luar negeri. SIUP dapat menjadi alat agar produk yang kamu jual bisa diekspor keluar negeri.

4. Mendapatkan kepercayaan dari konsumen

Adanya SIUP berarti bahwa usaha atau bisnis yang kamu jalankan telah diakui oleh pemerintah dan tidak lagi illegal, sehingga kamu juga dapat memperoleh kepercayaan langsung dari konsumen.

Konsumen yang percaya dengan kredibilitas usaha yang kamu jalankan maka mereka tidak akan khawatir saat membeli produk yang kamu jual. SIUP juga dapat dijadikan sebagai syarat untuk mengikuti pameran dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Itu tadi beberapa manfaat memiliki SIUP.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Peluang Bisnis Menjanjikan Budidaya Jamur Tiram




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp