Apa Saja Manfaat Asam Folat? Simak Penjelasannya!

By. Aditya Reyhan Y W - 01 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Asam folat merupakan salah satu dari berbagai bentuk vitamin B kompleks. Asam folat adalah vitamin B9 yang dapat larut di dalam air. Asam folat terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti pada daging, hati ayam, hati sapi, alpukat, tomat, pisang, melon, jeruk nipis, brokoli, buncis, bayam, wortel, serta kacang panjang.

Baca juga: 3 Khasiat Konsumsi Minum Asam Jawa untuk Kesehatan

Asam folat saat ini dikenal baik untuk ibu hamil. Namun ternyata asam folat juga penting untuk dikonsumsi oleh semua kalangan usia. Asam folat dapat berfungsi sebagai zat pembangun tubuh mulai dari proses pembentukan sel darah merah sampai produksi DNA. Asam folat menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah 4 manfaat asam folat untuk kesehatan.

1. Mencegah kekurangan darah

Kekurangan darah atau anemia dapat disebabkan oleh kurangnya asupan asam folat untuk membentuk sel darah merah. Apabila senyawa ini tidak tercukupi maka menyebabkan produksi sel darah merah akan ada di bawah normal. Hal ini dapat menyebabkan seseorang lebih mudah mengalami anemia.

2. Membentuk sel-sel tubuh

Asam folat bermanfaat dalam membantu terbentuknya sel-sel tubuh agar dapat berjalan dengan baik. Asam folat akan bekerja sama dengan vitamin C dan vitamin B12 dalam membantu tubuh memecah, menggunakan, dan juga membentuk protein baru.

Asam folat juga membantu pembentukan sel darah merah dan juga produksi DNA yang bermanfaat membangun fondasi dasar tubuh.

Baca juga: Inilah Manfaat Air Zamzam untuk Kesehatan Tubuh

3. Meningkatkan daya ingat

Konsumsi asam folat dapat meningkatkan daya ingat. Apabila aliran oksigen dan aliran sel darah merah menuju otak terganggu dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah lupa.

4. Mencegah stroke dan gangguan jantung

Mengonsumsi asam folat dapat mencegah penyakit stroke dan gangguan jantung. Kurangnya asam folat dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf pusat seperti stroke yang merupakan kondisi dimana pasokan darah menuju otak berkurang karena adanya penyumbatan ataupun pecahnya pembuluh darah.

Asam folat berfungsi mencegah terjadinya penggumpalan darah dalam tubuh. Apabila darah menggumpal, maka aliran darah menuju jantung tidak akan berjalan normal sehingga dapat meningkatkan risiko gangguan jantung seperti serangan jantung.

Itu tadi beberapa manfaat asam folat untuk kesehatan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Ketahui Manfaat Kopi bagi Kesehatan Otak




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp