Berikut 6 Segmentasi Pasar yang Harus Kamu Tahu!

By. Aditya Reyhan Y W - 01 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Segmentasi pasar merupakan sebuah strategi dalam bisnis dengan mengelompokkan pembeli berdasarkan karakteristik, kebutuhan, atau perilaku yang berbeda. Membagi pasar menjadi beberapa bagian agar dapat teridentifikasi dengan baik.

Penentuan segmentasi pasar bertujuan tidak hanya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen tetapi juga agar dapat mengoptimalkan strategi pemasaran yang dimiliki. Berikut ini adalah 6 jenis segmentasi pasar.

Baca juga: 5 perbedaan Antara Supplier dengan Distributor

1. Segmentasi Geografis

Jenis segmentasi pasar yang pertama adalah segmentasi geografis. Segmentasi geografis mengkategorikan pelanggan berdasarkan batas-batas wilayah, misalnya pembagian pelanggan berdasarkan tempat tinggalnya seperti kota atau kabupaten, kode pos, negara, ataupun radius sekitar lokasi tertentu.

2. Segmentasi Demografis

Jenis segmentasi pasar yang kedua adalah segmentasi demografis. Segmentasi ini membagi pelanggan berdasarkan pada data statistik tentang sekelompok orang seperti mengkategorikan pelanggan berdasarkan umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, ataupun tingkat pendapatan.

3. Segmentasi Psikografis

Jenis segmentasi yang ketiga adalah segmentasi psikografis. Segmentasi ini membagi para pelanggan berdasarkan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepribadian mereka seperti pembagian pelanggan berdasarkan sifat, nilai, sikap, motivasi, skala prioritas, ataupun gaya hidup.

Baca juga: 3 Cara untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan, Simak Yuk!

4. Segmentasi Perilaku

Jenis segmentasi yang keempat adalah segmentasi perilaku. Segmentasi ini berfokus pada bagaimana pelanggan anda dalam bertindak, seperti mengkategorikan pelanggan berdasarkan pola konsumsi.

5. Segmentasi Waktu

Jenis segmentasi pasar yang kelima adalah segmentasi waktu. Segmentasi ini jarang digunakan oleh kebanyakan pelaku usaha.

Segmentasi waktu dapat diterapkan pada waktu-waktu tertentu, seperti ketika musim buah-buah tertentu, maka pelanggan akan cenderung membeli buah yang sedang musim, seperti buah manga, durian, rambutan, duku, dan lain sebagainya.

6. Segmentasi Harga

Jenis segmentasi pasar yang keenam adalah segmentasi harga. Segmentasi pasar jenis ini dilakukan dengan menetapkan harga pada setiap produk yang dijual menyesuaikan dengan target pasar.

Apabila segmentasi pasarnya luas, maka anda dapat mematok harga tinggi, menengah, dan rendah agar semua kalangan dapat masuk.

Nah ini tadi 6 jenis segmentasi pasar. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari Hargapabrik.id !

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Ketahui 4 Keuntungan Ketika Menerapkan Strategi Diskon




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp