Keistimewaan dan Manfaat Membaca Surat Yusuf

By. Aditya Reyhan Y W - 01 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Bagi sobat WebPlus khususnya kaum muslimin, pernahkah kalian mendengar keutamaan dan keistimewaan surat Yusuf? Jika belum, dalam artikel ini akan membagikan keutamaan seorang muslim membaca surat Yusuf.

Dirangkum WebPlus dari berbagai sumber, perlu diketahui jika surat Yusuf merupakan surat ke 12 dari Al-Qur'an.

Surat Yusuf termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Surat Yusuf terdiri dari 111 ayat dan memiliki banyak sekali keutamaan dan manfaat. Surat Yusuf menceritakan pelajaran penting tentang kehidupan atau perjalanan hidup Nabi Yusuf sebagai utusan Allah Swt.

Baca juga: Etika Memberi Salam dalam Islam, Apa Saja?

Dalam kisah perjalanan kehidupan Nabi Yusuf banyak sekali pelajaran yang dapat diambil, terutama dari sisi kesabarannya.

Nabi Yusuf dikenal sebagai sosok penyabar, teguh dalam menjaga diri, suka dengan kebaikan, suka memaafkan orang lain, mampu menahan amarah, cerdik dalam berdakwah, mendoakan kebaikan untuk orang yang zalim kepadanya.

Bagi umat muslim, jika membaca surat Yusuf maka dipercaya Allah akan menjadikan anaknya sholeh, terutama di ayat ke-68.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat membaca surat Yusuf berikut ini:

Apabila belum memiliki anak maka jika anak itu lahir jadilah anak yang sholeh. Siapapun yang belum memperoleh jodoh sampai sekarang, membaca surat yusuf ayat 4 menjadi ikhtiar untuk bertemu dengan jodohnya.

Baca juga: Cara Bersikap Saat Dihadapi Harapan yang Tidak Tercapai

Manfaat bagi orang yang membaca surat Yusuf setiap hari, maka Allah Swt akan memberikan kemuliaan serta meluaskan rezekinya. Bermanfaat apabila ingin hubungan yang harmonis, maka bacalah surat Yusuf ayat 4 sebanyak 7 kali setiap selesai sholat.

Dapat menumbuhkan rasa cinta kepada pasangannya dengan membaca surat Yusuf ayat 4 setiap mendirikan sholat. Dengan membaca Surat Yusuf sesudah sholat subuh dan sholat magrib dipercaya akan memilki daya kharisma.

Membaca Surat Yusuf ayat 4 setelah sholat juga bisa membuat wajah berseri dan disenangi banyak orang. Rajin membaca surat Yusuf setiap hari, pada hari kiamat ia akan dibangkitkan dengan wajah indah berseri dan dicatat sebagai hamba yang sholeh.

Itulah beberapa keutamaan seorang muslim dalam membaca Surat Yusuf, semoga bermanfaat mencerahkan dan menginspirasi.

Baca juga: Mengenal Ta'aruf Proses Mencari Jodoh dalam Islam




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp