Simak Tips Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

By. Aditya Reyhan Y W - 01 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Keterampilan berkomunikasi merupakan rangkaian kemampuan untuk mengola dan menyampaikan sebuah pesan agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi:

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Pemikiran Kritis

1. Menggunakan Kata yang Mudah Dipahami

Untuk bisa menggunakan kata-kata yang mudah dipahami, fokuslah pada inti percakapan sesuai topik yang sedang dibahas dan pilihlah kata-kata yang spesifik alih-alih berbicara menggunakan istilah yang ambigu dan berputar-putar karena akan sulit dipahami.

2. Melakukan Kontak Mata

Kontak mata adalah cara menunjukkan kepada lawan bicara untuk menunjukan respon sedang menyimak ucapannya dan mau terlibat aktif dalam percakapan. Jika belum terbiasa melakukan kontak mata, mulailah dengan berdiri atau duduk saling berhadapan saat mengobrol. Kalau Anda merasa tidak nyaman saat bertatapan dengan orang lain, lihatlah titik tertentu sedikit di atas atau di bawah matanya, misalnya: tataplah batang hidungnya. Walaupun ada pengalih di dalam ruangan, fokuskan tatapan pada teman bicara.

3. Memperhatikan Bahasa Tubuh.

Tunjukkan ketertatikan anda pada pembicaraan dengan berusaha menegakkan tubuh dan mencondongkan tubuh sedikit ke depan. Jangan melakukan hal seperti mengetuk-ngetuk menggunakan jari tangan atau telapak kaki sebab hal ini terkesan kurang sabar. Agar merasa lebih terhubung, tirulah postur atau bahasa tubuh teman bicara saat mengobrol. Meniru postur lawan bicara mungkin terasa aneh pada awalnya. Walau demikian, cara ini membuatnya merasa lebih nyaman sebab secara tidak sadar sedang mengirimkan pesan bahwa Anda berdua memiliki kesamaan.

Baca juga: Inilah 6 Kelebihan pada Kepribadian Ekstrovert

4. Melatih Bicara dan Menulis

Melatih berbicara dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Berlatihlah secara rutin dan perhatikan kosa kata, kecepatan berbicara dan volume suara selama berlatih. Selain itu, dengan menulis akan semakin mudah untuk berkomunikasi karena terlatih mengungkapkan sesuatu

5. Menjadi Pendengar yang Aktif

Untuk menunjukan bahwa kamu sedang aktif mendengarkan, ulangi ucapannya menggunakan kalimat yang dirangkai sendiri dan ajukan pertanyaan untuk menunjukkan ketertarikan kepada lawan bicara. Jangan menyela orang yang sedang berbicara dan tunggu hingga selesai

6. Memperhatikan Bahasa Tubuh Lawan Bicara

Sebelum memberikan tanggapan, berusahalah memahami perspektif orang lain dengan mengamati postur, nada suara, kontak mata, gestur, dan ekspresi wajahnya.

Sekian artikel mengenai cara meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Pilar Kebahagiaan yang Wajib Diterapkan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp