Tips-Tips Menyembuhkan Luka Inner Child

By. Aditya Reyhan Y W - 02 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Inner child merupakan sebuah kondisi yang menunjukan sifat atau perilaku kekanakan yang kemungkinan ada dalam diri setiap manusia. Inner child merupakan bagian dari diri kita yang seolah tidak bertambah dewasa seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia. Namun, setiap orang memiliki inner child yang berbeda-beda tergantung bagaimana pengalaman masa kecilnya yang berpengaruh pada proses pembentukan inner child. Jika kamu memiliki inner child, lakukan beberapa tips dibawah ini:

Baca juga: 6 Kelemahan Sebagai Ekstrovert yang Harus di Ketahui

1. Validasi perasaan

Memvalidasi perasaan berarti bersikap menerima apapun yang sedang dirasakan saat ini. Kamu bisa belajar untuk menerima diri sendiri dan berdamai dengan keadaan. Pahami bahwa kamu tidak bisa mengubah masa lalu. Ketidakmauan menerima keadaan hanya akan membuatmu sulit berkembang. Jika kamu sudah bisa memvalidasi perasaan, kamu akan bisa bertumbuh dan melangkah ke step selanjutnya.

2. Support system

Kamu bisa memenuhi sisi inner child mu dengan memiliki support system. Seringkali kita kesulitan menyembuhkan luka inner child akibat tidak adanya lingkungan yang suportif. Maka dari itu, carilah dan bangun hubungan dengan sosok yang bisa kamu percaya untuk mendengarkan ceritamu. Kamu perlu menyadari bahwa seringkali support system yang baik belum tentu berasal dari keluarga sendiri. Kamu bisa menemukan support system dari orang-orang yang nggak punya hubungan darah denganmu, seperti sahabat, pasangan, komunitas, teman dari internet, dan sebagainya.

Baca juga: Inilah 6 Kelebihan pada Kepribadian Ekstrovert

3. Konsultasi dengan professional

Kamu dapat melakukan sesi konseling dengan tenaga profesional untuk menyembuhkan luka inner child-mu. Seorang psikolog atau psikiater dapat membantumu mengidentifikasi luka inner child apa yang kamu miliki dan bagaimana dampaknya saat ini. Mereka juga dapat membantumu memulihkan luka-luka tersebut hingga kamu bisa keluar dari situasi inner child.

Menyembuhkan luka inner child melibatkan proses yang panjang. Kuncinya ada pada niat dari diri sendiri dan harus ada keinginan untuk berubah. Memiliki inner child merupakan hal normal yang dialami semua orang karena kita bertumbuh dengan berbagai kepribadian seseorang yang berbeda dan tidak mungkin hidup tanpa adanya suatu konflik. Sekian artikel mengenai inner child. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Pilar Kebahagiaan yang Wajib Diterapkan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp