Ketahui Bahaya Kesepian bagi Kesehatan Mental!

By. Aditya Reyhan Y W - 02 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Suatu kondisi dimana individu merasa pikiran dan perasaannya terasa hampa atau terasingkan meskipun sedang dalam suasana ramai disebut juga dengan kesepian. Kesepian dan kesendirian merupakan hal yang berbeda. Kesepian merupakan kesedihan karena merasa tidak memiliki teman atau tidak ada yang menemani sedangkan kesendirian merupakan situasi atau kondisi ketika kamu memilih sendiri dan menikmatinya dengan hal lain seperti hobi atau pengembangan diri. Perlu diketahui juga tidak semua orang yang menyukai kesendirian adalah orang yang kesepian. Kesepian ternyata memiliki banyak dampak negatif bagi fisik ataupun mental. Sampai saat ini sudah banyak penelitian yang menjelaskan kaitan antara kesepian dengan masalah kesehatan lain. Salah satunya yaitu adanya penelitian yang menyebutkan bahwa kesepian 2 kali lebih berbahaya dari obesitas dan juga memiliki resiko yang sama dengan menghisap 15 batang rokok dalam sehari.

Baca juga: Cara Bersikap Saat Dihadapi Harapan yang Tidak Tercapai

Bagi fisik, rasa kesepian dapat membuat seseorang kesulitan untuk tertidur atau memiliki tidur yang berkualitas. Kesepian juga dapat menurunkan selera makan serta imun tubuh sehingga mudah sakit. Kesepian juga dapat membuat seseorang mencari pelarian dengan menggunakan obat-obatan terlarang. Bagi mental, kesepian dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri, membuat seseorang stress dan merasa tidak berdaya serta bisa mengarah pada gangguan kejiwaan seperti:

1. Depresi

Kesepian bisa mengarah pada gejala depresi seperti gelisah berlebihan, menganggap diri tidak berharga dan merasa putus asa.

2. Kecemasan sosial

Kesepian bisa mebuat seseorang menarik diri dari lingkungan karena merasa tidak diinginkan dan tidak berharga.

3. Kepribadian ambang/ Borderline Personality Disorder

Kesepian bisa membuat seseorang dengan gangguan ini memiliki perasaan takut diabaikan dan bersikap posesif. Namun, hal ini justru membuat mereka semakin merasa ditinggalkan dan kesepian.

Baca juga: 7 Cara Mengelola Sikap Perfectionist

4. Gangguan makan

Kesepian dapat membuat seseorang makan secara berlebihan untuk mengatasi rasa kesepian.

Gangguan diatas bukanlah untuk didiagnosis sendiri. Jika kamu merasa kesepian atau merasakan gejala dari gangguan tersebut, jangan ragu segera menghubungi professional untuk pemeriksaan lebih lanjut. Terbuka dan sampaikanlah apa yang kamu rasakan kepada orang-orang yang peduli kepadamu. Percayalah bahwa kamu tidak sendiri dan akan selalu ada orang yang akan membantumu. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Pilar Kebahagiaan yang Wajib Diterapkan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp