5 Manfaat Konsumsi Gurita bagi Kesehatan

By. Aditya Reyhan Y W - 02 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Gurita kaya akan vitamin, mineral, dan juga rendah lemak, sehingga menjadikannya sebagai sumber protein lengkap yang baik untuk orang yang sedang berusaha menjaga berat badan. Namun, hal ini dapat bergantung pada cara memasaknya. Menggoreng atau memasak gurita dengan mentega atau minyak dapat menambah kandungan lemak dan kalori pada makanan tersebut. 


Sekitar 85 gram gurita yang telah dimasak menawarkan 51,42 g air, 139 kalori, 25,35 g protein, 1,77 g lemak lipid total, dan 3,74 g karbohidrat. Daging gurita juga menawarkan 1275% kebutuhan harian dari Vitamin B12, 138,55% Selenium, 101,38% Zat Besi, 69,78% tembaga, 56,64% lisin, 50,70% protein, 42,38% Vitamin B6, 39,53% Histidin, 33. 86% fosfor, 26,07% natrium, 26% seng, 20,08% niasin, 15,30% vitamin B5, 12,51% Kolin, 12,14% magnesium, 11,40% kalium, dan 10,86% Vitamin A.

Baca juga: Resep Potato Cheese Ball yang Lumer di Mulut


Beberapa manfaat kesehatan tambahan dari menyertakan gurita dalam menu makanan kalian antara lain:  


1.    Mengobati kanker
Kekurangan Vitamin B12 adalah penyebab kanker payudara. Hal ini dapat dicegah dengan asupan makanan yang kaya akan vitamin B12


2.    Pembentukan hemoglobin
Zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin. Ini membantu memberikan warna merah pada darah. Ini membantu mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh. 


3.    Manfaat rambut
Protein sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan juga mencegah kerusakan. Penelitian menunjukkan bahwa protein memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut.  


4.    Kesehatan otak
Fosfor sangat penting untuk sel-sel otak serta fungsinya. Jumlah fosfor yang cukup akan meningkatkan fungsi otak dan perkembangan kognitif. Kekurangan fosfor meningkatkan kemungkinan terjadinya gangguan kognitif serta demensia.


5.    Mengurangi stres
Vitamin B5 membantu mengobati penyakit mental seperti depresi, kecemasan dan stres. Vitamin ini menstimulasi kebugaran pikiran dan mengatur hormon yang menyebabkan kondisi-kondisi tersebut.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Asam Folat? Simak Penjelasannya!


Gurita juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. "Lemak baik" ini banyak dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan jantung. Omega-3 dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat penumpukan plak di arteri, sehingga mengurangi stres pada jantung. 


Penelitian lain juga menunjukkan bahwa omega-3 dapat:

  • Mengurangi trigliserida, lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung
  • Menurunkan risiko terjadinya detak jantung yang tidak teratur
  • Memiliki respons anti-inflamasi, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung

Baca juga: Teknik Jitu agar Cumi-Cumi Terasa Empuk




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp