Beberapa Ikan Laut Mengandung Omega-3 yang Tinggi

By. Aditya Reyhan Y W - 02 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Ikan laut adalah salah satu sumber makanan terbaik untuk asam lemak omega-3, yang merupakan nutrisi penting yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Profil asam lemak omega-3 ikan laut dapat bervariasi, tergantung pada spesies, usia ikan, lokasi penangkapan, dan pola makannya. Berikut adalah beberapa contoh kandungan omega-3 dari berbagai ikan laut:

1.    Salmon
Salmon adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 terkaya, terutama EPA (asam eikosapentanoat) dan DHA (asam dokosaheksanoat). Satu porsi 100 gram salmon yang dimasak menyediakan sekitar 1,8 gram dari gabungan EPA dan DHA.


2.    Sarden 
Sarden adalah ikan kecil dan berminyak yang juga tinggi asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA. Satu porsi 100 gram sarden yang dimasak menyediakan sekitar 1,5 gram EPA dan DHA.

Baca juga: 5 Manfaat Konsumsi Gurita bagi Kesehatan


3.    Makarel
Makarel adalah ikan berlemak yang tinggi asam lemak omega-3, terutama DHA. Satu porsi 100 gram makarel yang dimasak mengandung sekitar 1,6 gram EPA dan DHA.


4.    Ikan haring
Ikan haring adalah ikan berminyak lainnya yang tinggi asam lemak omega-3, terutama EPA. Satu porsi 100 gram ikan haring yang dimasak mengandung sekitar 1,4 gram EPA dan DHA.


5.    Tuna
Tuna adalah ikan populer yang juga tinggi asam lemak omega-3, terutama EPA. Satu porsi 100 gram tuna yang dimasak mengandung sekitar 0,4 gram EPA dan DHA.


6.    Ikan teri
Ikan teri adalah ikan kecil dan berminyak yang sering digunakan sebagai topping pizza atau salad Caesar. Ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, terutama EPA. Satu porsi 100 gram ikan teri yang dimasak menyediakan sekitar 1,5 gram EPA dan DHA.

Baca juga: Berikut 8 Tips untuk Membersihkan Ikan Segar

Secara keseluruhan, ikan laut merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, terutama EPA dan DHA. Memasukkan ikan-ikan ini ke dalam menu makanan kalian dapat membantu kalian memenuhi kebutuhan omega-3 harian dan memberikan berbagai manfaat kesehatan yang penting.


Asupan asam lemak omega-3 yang direkomendasikan untuk konsumsi manusia bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan tertentu.
American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan berlemak per minggu, yang menyediakan sekitar 500 miligram (mg) gabungan EPA dan DHA per hari. Beberapa organisasi Kesehatan lainnya merekomendasikan asupan EPA dan DHA yang lebih tinggi, hingga 1-2 gram per hari, untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Baca juga: Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Protein Tinggi, Harus Kamu Coba!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp