Inilah 7 Tips untuk Mengatasi GERD

By. Aditya Reyhan Y W - 02 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan suatu kondisi medis yang terjadi ketika isi lambung naik kembali ke kerongkongan (esofagus) secara teratur. Hal ini terjadi karena katup antara lambung dan kerongkongan tidak dapat menutup dengan rapat sehingga asam lambung dapat mengalir kembali ke esofagus dan menyebabkan iritasi pada lapisan dalam esofagus. Beberapa gejala umum GERD meliputi sensasi terbakar di dada atau tenggorokan (dikenal sebagai heartburn), rasa sakit atau ketidaknyamanan di dada, mual, muntah, kesulitan menelan, dan batuk kering yang terus-menerus. Berikut adalah beberapa cara mengatasi GERD:

Baca juga: Bahaya Tidur dengan Kipas Angin Menyala

1. Mengubah pola makan

Hindari makan terlalu cepat, terlalu banyak, atau terlalu dekat dengan waktu tidur. Makan dalam porsi kecil tetapi sering dapat membantu meringankan gejala GERD.

2. Hindari makanan atau minuman yang memicu GERD

Beberapa makanan dan minuman tertentu seperti makanan pedas, lemak, minuman berkafein, minuman beralkohol, dan jus jeruk dapat memicu atau memperburuk gejala GERD. Hindari makanan dan minuman tersebut atau konsumsi dalam jumlah terbatas.

3. Menjaga berat badan yang sehat

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko GERD. Menjaga berat badan yang sehat dengan pola makan sehat dan rutin olahraga dapat membantu meringankan gejala GERD.

4. Menghindari merokok

Merokok dapat merusak katup antara lambung dan esofagus serta meningkatkan produksi asam lambung, sehingga meningkatkan risiko GERD. Hindari merokok atau berhenti merokok dapat membantu meringankan gejala GERD.

Baca juga: Kenali Sejak Dini Bahaya Penyakit Diabetes, Simak Penjelasannya!

5. Hindari konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat tertentu seperti aspirin, ibuprofen, dan obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dapat memicu atau memperburuk gejala GERD. Hindari konsumsi obat-obatan tersebut atau konsultasikan dengan dokter jika memang diperlukan.

6. Mengonsumsi obat-obatan antasida atau inhibitor pompa proton (PPI)

Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi asam lambung dalam perut sehingga meringankan gejala GERD. Namun, penggunaan obat-obatan ini harus sesuai dengan dosis dan anjuran dokter.

7. Menghindari posisi tidur yang membuat asam lambung naik kembali

Hindari tidur dengan kepala lebih rendah dari tubuh karena hal ini dapat membuat asam lambung naik kembali ke esofagus. Sebaliknya, tidur dengan kepala lebih tinggi dari tubuh dapat membantu mencegah asam lambung naik kembali.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala GERD berlanjut atau memburuk, karena dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Ketahui Bahaya Kesepian bagi Kesehatan Mental!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp