Terapin 4 Cara ini untuk Mencegah Stunting pada Anak

By. Aditya Reyhan Y W - 02 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Stunting merupakan kondisi serius pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak berada di bawah rata-rata atau sangat pendek serta tubuhnya tidak bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan usianya dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pada akhirnya ada beberapa yang diikuti dengan gangguan kecerdasan karena kurang gizi kronis. Gejala anak yang mengalami stunting diantaranya adalah memiliki tinggi badan yang rendah dan perkembangan yang lambat seperti bicara, berjalan, tumbuh gigi atau tahapan yang lainnya.

Baca juga: Hari Ibu: Ciptakan Hubungan Antara Ibu dan Anak yang Positif

Stunting pada anak dapat dipicu oleh beberapa faktor sejak dalam kandungan seperti kekurangan gizi pada ibu hamil, infeksi pada saat kehamilan, gizi yang tidak optimal pada bayi sejak lahir sampai tiga tahun pertamanya, dan stimulasi yang buruk dari lingkungan. Berikut ini adalah 4 cara untuk mencegah stunting pada anak.

1. Memenuhi nutrisi selama kehamilan

Konsumsi makanan yang sehat dan bergisi seimbang sangat penting bagi ibu hamil. Hal ini untuk memastikan bahwa janin akan mendapat nutrisi yang optimal di dalam rahim.

2. Memenuhi nutrisi anak dengan optimal

Cara mencegah stunting yang selanjutnya adalah dengan memenuhi nutrisi anak dengan optimal. Berikanlah pada anak nutrisi yang lengkap dan bergizi seimbang.

Nutrisi yang penting untuk anak diantaranya adalah vitamin (A, B kompleks, C, D, E, dan K), mineral (kalsium, magnesium, kalium, fosfor), protein, lemak sehat, karbohidrat, dan cairan.

Baca juga: Inii Dia 5 Tips untuk Memulai Bisnis Online Perlengkapan Bayi dan Anak

3. Mengatasi anak yang susah makan

Salah satu hal yang dapat menjadi penyebab kurangnya gizi pada anak adalah karena anak susah makan. Susah makan pada anak dapat diatasi dengan cara memberikan variasi makanan yang sehat dan bergam.

4. Mempraktikan kebersihan dengan benar

Stunting pada anak juga dapat dipicu karena kebersihan lingkungan yang buruk. Lingkungan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Orang tua dan seluruh anggota keluarga harus mempraktikan kebersihan dengan benar seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun baik sebelum dan sesudah menyiapkan makanan.

Itu tadi beberapa cara untuk mencegah stunting pada anak.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: 7 Ikan Laut Kaya Nutrisi untuk Pertumbuhan Anak




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp