Persiapkan Beberapa Hal ini Sebelum Membuka Restoran

By. Aditya Reyhan Y W - 03 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Berwirausaha ada banyak macamnya. Sebagai contoh adalah membuka wisata di bidang FnB seperti restoran merupakan salah satu usaha yang dapat dipertimbangkan. Apalagi mengingat bahwa jenis usaha restoran dinilai paling banyak mampu bertahan dalam berbagai keadaan. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan ketika hendak membuka restoran, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 4 Tools yang Dapat Mendukung Bisnis Online Kamu!

1. Tema

Jika ingin memulai usaha restoran, tentukan tema seperti apa tema yang akan digunakan pada restoran tersebut. Selanjutnya kamu dapat menentukan jenis masakan yang memang disukai oleh pelanggan.

2. Lokasi

Setelah tahu konsepnya, mulai tentukan lokasi untuk restoran tersebut. Pastikan lokasi yang akan dipilih ini memang berpotensi mendatangkan banyak peminat. Coba cek apakah lokasi ini banyak dilalui pejalan kaki, apakah di sekitarnya ada banyak lokasi sekolah atau kantor. Cek juga keadaan air dan lingkungan di sekitar lokasi tersebut.

3. Nama Restoran

Memilih nama untuk restoran memang gampang-gampang susah. Nama mencerminkan apa yang ada di dalamnya, terlebih ini adalah sebuah jasa masakan untuk dinikmati hampir semua orang. Untuk membuat nama merek, Kamu harus mengurus masalah hak cipta, trademark, lisensi, urusan hukum, hingga strategi marketingnya. Jangan lupa juga untuk tentukan logo dari restoran. Pastikan nama restoranya mudah diingat, dan gampang diucapkan.

4. Menu Restoran

Sekarang Anda sudah di tahap di mana harus menentukan menu restoran. Menu restoran harus menarik orang yang membacanya. Untuk semakin membuat pelanggan tertarik, jangan lupa untuk menampilkan foto masakan yang menggugah selera.

Baca juga: 6 Jenis Usaha Kecil Menengah yang Patut untuk Dicoba

5. Buat Persediaan Restoran

Persediaan ini penting, karena restoran harus memiliki bahan-bahan makanan persediaan untuk dapat terus melayani pelangganya dengan maksimal. Tidak hanya bahan makanan, peralatan penting yang mendukung terciptanya masakan di restoran tersebut juga harus tersedia dengan lengkap. Buatlah aturan dan prosedur penyimpanan alat, bumbu masak dan bahan dasar masakan di dapur restoran itu.

6. Seleksi Staf Restoran

Restoran tentu membutuhkan beberapa pekerja yang ahli di bidangnya. Ada beberapa bagian yang harus dipegang oleh staf yang ditunjuk langsung. Pastikan mereka adalah orang yang jujur, serta pernah memiliki pengalaman di bidang yang sama sebelumnya. Training staf–staf kamu dan beritahukan pada mereka bahwa pelanggan adalah raja, sehingga pelayanan yang dilakukan harus maksimal. Beritahukan kerjasama tim dan kreativitas antar staf juga akan membuat restoran ini maju.

7. Promosi

Setelah semua langkah dijalankan, saatnya untuk berpromosi dengan maksimal. Lakukan promosi mulut ke mulut, penyebaran brosur ke kantor atau instansi sekitar, dan bila perlu lakukan juga promosi secara online lewat sosial media, dengan menampilkan foto menu masakan yang istimewa.

Nah demikian tadi 7 Hal yang perlu dipersiapkan ketika hendak membuka restoran, semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari kami.

Baca juga: Wajib Ketahui 6 Perjanjian Bisnis ini di Dunia Usaha




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp