Beberapa Penyebab Kolesterol Tinggi yang Wajib Diwaspadai

By. Aditya Reyhan Y W - 06 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Kolesterol tinggi terjadi ketika kandungannya di dalam darah melebihi normal. Kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan pada dinding pembuluh darah. Akibatnya, Anda berisiko terkena penyakit jantung dan stroke. Anda tentu sering mendengar bahwa salah satu penyebab kolesterol tinggi adalah makanan. Ini benar, tetapi ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi.  Berikut beberapa penyebab kolesterol tinggi yang harus diwaspadai.

Baca juga: Bahaya Tidur dengan Kipas Angin Menyala

1. Merokok 
Penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jenis low-density lipoprotein (LDL), atau yang sering disebut orang  sebagai kolesterol jahat, kolesterol total, dan trigliserida (lemak dalam darah).

2. Obesitas
Orang yang kelebihan berat badan memiliki risiko peningkatan kadar LDL dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita obesitas dianjurkan untuk menurunkan berat badan, karena secara otomatis menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.  

3. Sering Makan Makanan Berlemak 
Makanan penyebab kolesterol biasanya tinggi lemak jenuh atau lemak trans. Kedua lemak jahat tersebut ditemukan dalam daging berlemak, produk susu tinggi lemak, dan makanan kemasan atau olahan. Konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat secara berlebihan menyebabkan tubuh menyimpannya dalam bentuk cadangan lemak. Simpanan lemak ini dapat disimpan di berbagai bagian tubuh, seperti perut, atau bahkan menumpuk dan kemudian mempersempit pembuluh darah. Hindari makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Namun, Anda tetap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat, minyak ikan, atau minyak zaitun.

4. Jarang Olahraga 
Saat Anda jarang berolahraga, enzim yang seharusnya memecah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik (HDL) berkurang hingga 95 persen. Akibatnya, kadar kolesterol jahat dalam tubuh meningkat. Berolahraga dan tetap aktif dapat membantu meningkatkan kadar HDL  dalam tubuh. Tidak harus terlalu berat, mulailah dengan jalan kaki  5 menit setelah  1 jam duduk. Biasakan menghabiskan 30 menit untuk berolahraga setiap hari. 

Baca juga: Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Ketika Sakit Gig

5. Stres 
Stres dalam jangka panjang dapat meningkatkan  kolesterol darah. Karena kebanyakan orang yang mengalami stres ingin makan makanan berlemak demi kenyamanan. Faktanya, lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan meningkatkan kolesterol darah.

6. Minum Kopi
Terlalu banyak minum kopi dapat meningkatkan  kolesterol jahat dan trigliserida. Ini pada akhirnya membuat darah lebih terkonsentrasi, yang menyebabkan arteri menyempit, sehingga membuat Anda berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

7. Penggunaan Pil KB
Penggunaan pil KB berpotensi meningkatkan  kolesterol total, kolesterol jahat dan trigliserida.

8. Usia dan Jenis Kelamin 
Sebelum  menopause, wanita biasanya memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada pria pada usia yang sama. Namun, antara usia 60 dan 65 tahun, kadar kolesterol cenderung meningkat baik pada pria maupun wanita. Bahkan, secara umum, wanita di usia 50-an memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dibandingkan pria di usia yang sama.

Baca juga: 7 Cara Antisipasi Kualitas Udara Buruk




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp