Mengenal Kepribadian Paling Langka INFJ sang Idealis

By. Aditya Reyhan Y W - 06 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) menilai jika INFJ yang merupakan singkatan dari Introversion (I), Intuition (N), Feeling (F), dan Judging (J) adalah tipe kepribadian paling langka di dunia. Tipe kepribadian ini disebut-sebut hanya ada 2 % di dunia, loh! Jenis kepribadian ini kerap disebut sebagai The Advocate atau Sang Penasihat karena orang dengan jenis kepribadian ini biasanya adalah mereka yang suka menolong, suportif, dan sangat peka terhadap perasaan orang lain.

Baca juga: Inilah 6 Kelebihan pada Kepribadian Ekstrovert

Idealis merupakan karakter yang cukup menonjol dari tipe kepribadian INFJ. Biasanya, mereka memiliki keyakinan tersendiri yang sangat ia pegang dengan teguh bahkan cenderung memiliki impian untuk mengubah suatu hal menjadi apa yang menurutnya baik dan sesuai dengan prinsip yang ia yakini.

Meski demikian, tipe kepribadian INFJ merupakan pribadi dengan empati yang tinggi melalui intuisi kuat yang ia miliki dan kemampuannya untuk melihat pokok permasalahan dari beragam masalah yang ia temui. Dengan demikian, manusia dengan tipe kepribadian INFJ sangat pandai memahami kebutuhan orang lain, termasuk emosi orang lain meski yang bersangkutan tidak menyampaikan hal itu terhadapnya.

Baca juga: Ketahui 4 Tipe Kepribadian Anda Sejak Lahir

Orang dengan tipe kepribadian INFJ juga merupakan pribadi yang suka menolong. Pertolongan yang ia lakukan terhadap orang lain pada dasarnya memiliki kaitan dengan sifat alamiah orang dengan kepribadian INFJ yang idealis dan memiliki empati yang tinggi. Hanya saja, seperti yang disebutkan di atas, INFJ adalah pribadi introvert sehingga meski ia memiliki kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik terhadap orang-orang yang ditemuinya, tetapi itu tidak dapat menghapuskan karakter INFJ sebagai seorang introvert. Ada kalanya orang dengan tipe kepribadian INFJ memerlukan waktu untuk mengisi kembali energinya.

Kepribadian INFJ cenderung kaku dan tidak menyukai perubahan karena ia memiliki sifat nyaman terhadap hal-hal yang terorganisir dengan baik. Tipe kepribadian ini memiliki kecenderungan tertutup dan tidak suka membicarakan perasaannya sendiri. Ada pun ketika dihadapkan pada suatu masalah, biasanya ia akan menyelesaikan masalahnya sendiri meski ia nantinya akan kewalahan atas masalah tersebut. Orang dengan jenis kepribadian ini merupakan pribadi yang serius terhadap apa yang ia kerjakan, setia, artistik, pendengar yang baik, peka, senang membangun hubungan yang dekat dan mendalam, sekaligus filosofis dalam memikirkan arti hidup.

Gimana pendapatmu soal kepribadian ini? Yuk, tulis di kolom komentar!

Baca juga: 6 Kelemahan Sebagai Ekstrovert yang Harus di Ketahui

 




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp