Cara Mudah Membuat Konten dan Publish Video di WebPlus.id

By. Aditya Reyhan Y W - 06 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Website berfungsi sebagai wadah berbagi informasi-informasi penting, sarana promosi usaha/bisnis, atau sebagai toko online Anda. Website memiliki peran penting untuk keberhasilan bisnis Anda, hal tersebut menunjukkan bisnis yang Anda miliki sudah terlihat profesional dan membuat para client percaya dengan bisnis yang Anda miliki. Perlu diingat bawah website Anda merepresentasikan wajah online Anda, sehingga pastikan untuk menjaga kualitas dan profesionalisme dari segala aspeknya.

Kami WebPlus.id adalah website yang dikembangkan oleh PT Solusi Sistem Nusantara untuk memfasilitasi kebutuhan website bagi para pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Baca juga: Cara Mudah Membuat dan Publish Artikel di WebPlus.id

Berikut langkah-langkah dalam mempublish konten video di website kamu:

1. Masuk Akses “Tips Video”

Setelah kamu sudah melalui tahap login, pada tampilan client WebPlus.id di sebelah kiri kamu bisa melihat ada “Tips Video”, klik tombol tersebut kemudian klik “Daftar Video”.

 

2. Klik “Tambah Video”

Jika kamu sudah klik daftar video maka kamu dapat melihat ada “Tambah Video”, klik tombol tersebut untuk membuat konten video baru.

 

3. Masuk Akses “Add Video”

Apabila kamu sudah klik tombol tambah video, maka langkah selanjutnya seperti di bawah ini.

Kamu dapat melihat terdapat beberapa kolom diantaranya:

  • Pada kolom Title, diisi sesuai dengan judul konten video yang ingin kamu buat.
  • Pada kolom Alias, disitu akan terisi otomatis setelah konten video disimpan, sesuai dengan judul yang kalian buat.
  • Pada kolom kategori, hanya ada kategori Blog saja.
  • Pada kolom Internal tags, yaitu merupakan kata kunci untuk mengelompokkan konten kamu. Sehingga para pengunjung situs web dapat menemukan informasi yang relevan melalui penelusuran atau navigasi.
  • Pada kolom Tanggal Publish, yaitu jadwal konten video yang bisa kamu atur kapan tanggal publishnya.
  • Pada kolom Jam Publish, sama dengan tanggal publish yang bisa diatur kapan waktu publishnya.
  • Jangan lupa untuk mengklik pada tombol “Published” ke kanan, jika tidak diklik konten video yang kamu buat tidak akan pernah terpublish dan dilihat oleh pengunjung situs.

Contohnya:

 

4. Upload Video

Pada kolom ini upload video yang kamu inginkan, dan video tersebut tidak melebihi kapasitas 15 MB, untuk mengupload video bisa klik “Pilih File

.

5. Upload Gambar

Pada kolom ini, kamu bisa mengupload gambar otentik atau yang sudah kalian edit dengan menggunakan aplikasi lain sebagai “Thumbnail”, cara menambahnya dengan klik “Pilih File”.

 

6. Kolom Deskripsi Video

Di kolom ini kamu bisa mengetik deskripsi video yang ingin kamu buat, untuk menjelaskan lebih detail isi dari video tersebut.

 

7. Kolom Meta Diskripsi/Ringkasan Konten

Pada kolom ini digunakan untuk mengisi diskripsi atau ringkasan dari isi deskripsi video yang kamu buat.

Contoh:

 

8. Kolom Meta Keyword/Kata Kunci

Pada kolom ini digunakan untuk mencantumkan kata kunci yang merupakan gagasan atau hal penting yang digunakan untuk mencari suatu hal pada konten video yang kamu buat. Sehingga para pengguna internet jika mengetik sesuatu sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan, konten videomu bisa muncul.

Contoh:

 

9. Klik “Simpan Video”

Langkah terakhir dalam pembuatan konten dan publish video yaitu klik “Simpan Video”, agar artikel kamu tersimpan, apabila tidak jadi untuk membuat artikel bisa klik “Cancel”.

Itu dia tahapan-tahapan dalam membuat konten dan mempublish video yang kamu inginkan melalui WebPlus.id. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat

Baca juga: Cara Mudah Login Akun WebPlus.id




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp