Inilah Resep Jus Seledri Membantu Menurunkan Kolesterol

By. Aditya Reyhan Y W - 07 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Seledri diyakini efektif menurunkan kolesterol. Ini dikarenakan salah satu kandungan dalam seledri adalah senyawa kimia yang disebut 3-n-butylphthalide, yang memiliki efek positif dalam mengurangi kolesterol jahat dalam aliran darah. Senyawa ini membantu mengeluarkan asam empedu yang menurunkan kolesterol. 

Baca juga: Inilah Manfaat Air Zamzam untuk Kesehatan Tubuh

Penurunan kolesterol ini tentu mempengaruhi tekanan darah. Aksi senyawa 3-n-butylphthalide juga mengurangi sekresi hormon stres dan melemaskan otot-otot di sekitar pembuluh darah sehingga aliran darah lancar.

Mengonsumsi daun seledri juga memberikan nutrisi antiradang seperti antioksidan berupa flavonoid dan polifenol. Konsentrasi antioksidan yang berbeda ini membantu tubuh melawan paparan radikal bebas berbahaya dan stres oksidatif. Ini mencegah kanker, penyakit jantung, radang sendi, infeksi ginjal, infeksi hati, asam urat, sindrom iritasi usus dan infeksi saluran kemih.

Tidak hanya seledri yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Chiropractic Medicine, vitamin C dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total. Penelitian ini menggunakan suplemen vitamin C  yang juga terdapat pada nanas sebagai sampel.

100 gram nanas mengandung 78,9 gram vitamin C. Mengkonsumsi buah ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Nanas juga mengandung banyak serat. Ada sekitar 2,3 gram serat dalam 100 gram  nanas. Nah, serat larut dalam buah ini bisa mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah sehingga dapat menurunkan kolesterol darah. 

Nanas mengandung bromelain, yang dapat membantu tubuh memecah kolesterol yang menyumbat pembuluh darah dan mengurangi risiko penggumpalan darah, yang sangat berbahaya bagi penderita tinggi kolesterol karena dapat menyebabkan stroke. Efek ini ditunjukkan dalam studi berbasis hewan di jurnal Biotechnology Research International.

Nah, kombinasi antara seledri dan nanas cocok sekali digunakan untuk obat herbal penurun kolesterol. Yuk, simak resep jus seledri dan nanas, kreasi campuran jus seledri anti pahit.

Baca juga: Inilah 4 Resep Minuman Protein untuk Kesehatan

Resep Jus Seledri Mix Nanas Anti Pahit

  • 6 batang daun seledri impor
  • 1 buah nanas
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Jeruk nipis
  • Air secukupnya

Langkah-Langkahnya:

1. Siapkan seledri dan nanas. Potong batang dan daun seledri. Kupas dan potong nanas, hilangkan bagian tengahnya.
2. Cuci hingga bersih.
3. Masukkan seledri dan nanas ke dalam blender. Tambahkan gula, perasan jeruk nipis dan sedikit air. Boleh tambahkan es batu jika ingin dingin.
4. Blender seluruh bahan hingga tercampur.
5. Saring jus menggunakan saringan untuk menghilangkan ampasnya dan mendapatkan sari jus seledri dan nanas yang bening.
6. Jus seledri dan nanas segar siap diminum.

Baca juga: Ketahui Manfaat Kopi bagi Kesehatan Otak




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp