Kenali 5 Gejala Inferiority Complex (Perasaan Rendah Diri)

By. Aditya Reyhan Y W - 07 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Inferiority complex merupakan suatu kondisi yang menggambarkan perasaan rendah diri suatu individu dimana ia merasa lemah, tidak berdaya bahkan tidak mampu melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Alfred Adler, psikolog asal Austria pada tahun 1911. Munculnya inferiority complex dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang tidak terselesaikan dengan baik, kecenderungan selalu dibanding-bandingkan saat kecil dan pandangan negatif orang lain yang memunculkan perasaan rendah diri. Individu dengan inferiority complex akan melihat bahwa orang lain disekitarnya lebih sukses dan hebat dibandingkan dengan diri sendiri dalam hal fisik, psikis, keterampilan ataupun secara sosial. Terdapat 5 gejala individu memiliki inferiority complex:

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kebiasaan Emotional Eating

1. Selalu merendahkan diri

Individu tersebut akan selalu berpikir dirinya tidak mampu dalam melakukan suatu hal. Mereka juga tidak mengganggap prestasi, keberhasilan atau pencapaian yang diraih dan merasa tidak berharga.

2. Sering membanding-bandingkan diri

Mereka akan selalu membandingkan diri dengan orang lain entah itu dari segi penampilan, keterampilan, prestasi, hobi dan lainnya. Mereka juga menilai diri sendiri lebih rendah dibanding dengan orang lain.

3. Moody

Mereka akan sering mengalami perubahan suasana hati yang cepat dan ditimbulkan akibat adanya perasaan rendah dirri ketika bertemu dan membandingkan diri dengan orang lain.

4. Menarik diri dari orang lain

Mereka akan cenderung menjauhi keluarga, teman atau orang sekitar karena merasa tidak pantas dan selalu mencoba untuk menghindari percakapan.

5. Berlebihan dalam menyikapi sesuatu

Mereka akan terus menerus mencari validasi atau pujian dari orang lain. Namun, di saat yang sama mereka akan menyangkal pujian tersebut karena merasa tidak benar.

Baca juga: Inilah 7 Tips Kebiasaan Baru yang Membawa Perubahan Positif

Inferiorty complex akan terus membuatmu memiliki perasaan negatif seperti rendah diri, sedih, kesal dan kecewa pada diri sendiri yang membuatmu tidak bisa merasa bahagia. Perasaan negatif yang tidak dapat diatasi akan membuatmu tidak bersemangat dan berenergi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini juga dapat mengarah pada depresi dan kecemasan berkepanjangan. Perasaan inferior ini juga dapat membuatmu berambisi untuk menjadi yang sempurna dengan cara yang tidak sehat seperti merendahkan orang lain. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi perasaan inferiority complex, silahkan baca artikel dibawah ini. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Ketahui Bahaya Kesepian bagi Kesehatan Mental!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp