Penyebab Seseorang Selalu Merasa Kesepian

By. Aditya Reyhan Y W - 07 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Kesepian adalah suatu keadaan dimana kamu mengalami kegelisahan dan kurangnya kelekatan hubungan yang menimbulkan perasaan tidak menyenangkan bagi diri sendiri. Kesepian bisa dirasakan bahkan saat dikelilingi oleh orang lain dan bisa dirasakan siapa saja, termasuk orang-orang dalam perkawinan, hubungan, keluarga, remaja, anak-anak bahkan mereka yang memiliki karier sukses. Terdapat 2 dimensi dalam kesepian yaitu kesepian emosional dan kesepian sosial. Kesepian emosional biasanya terjadi ketika kamu ditinggalkan oleh orang yang kamu sayang atau orang terdekatmu sehinga kamu merasa kesepian sedangkan kesepian sosial terjadi ketika kamu merasa terasing, bosan dan cemas ketika tidak terlibat dalam suatu kelompok yang melibatkan persamaan seperti hobi, kesukaan atau aktivitas. Terdapat 4 penyebab seseorang merasa kesepian:

Baca juga: Dampak Negatif Memiliki Sifat Emotional Sponge

1. Kurang terkoneksi dengan orang lain. Hal ini disebabkan oleh sedikitnya atau berkurangnya intensitas berinteraksi dalam suatu hubungan dengan orang lain.

2. Adanya perubahan dari suatu hubungan yang tidak mendekati harapan atau ekspektasi.

3. Pandangan atau pikiran negatif akan suatu hubungan dan kecenderungan tidak bisa mempercayai orang lain.

4. Rendahnya tingkat kepercayaan diri yang membuatmu takut dan tidak nyaman secara sosial.

Seseorang yang merasa kesepian umumnya akan menjadi tidak sabar dan mudah bosan. Mereka juga cenderung meremehkan diri sendiri, mudah berputus asa, merasa ditinggalkan dan sering merasa sedih dan muram. Dampak kesepian juga bisa berakibat pada fisik seperti gangguan pada daya tahan tubuh. Agar tidak terjebak kedalam rasa kesepian, lakukan hal dibawah ini:

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Memiliki Sifat Emotional Sponge

1. Percaya diri adalah kunci agar kamu bisa lebih pede untuk membangun relasi yang lekat dengan orang lain.

2. Mulailah untuk berkomunikasi. Menghubungi dan mengajak ngobrol orang-orang terdekatmu seperti teman atau keluarga agar tetap terhubung.

3. Melakukan hobi atau hal yang disenangi akan membuatmu lebih bahagia dan memberikan dampak positif bagi pengembangan diri.

4. Fokuslah untuk menyanyangi diri sendiri dan belajar lebih dalam tentang diri sendiri.

5. Bergabung dengan komunitas untuk mengembangkan potensimu dan kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru.

Kesepian adalah hal yang wajar, tetapi alangkah baiknya jika kita memiliki hal yang membuat kita tidak merasa sendirian. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Mengenal Kepribadian Paling Langka INFJ sang Idealis




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp