Kenali Kebiasaan yang Membuat Kulit Cepat Keriput

By. Aditya Reyhan Y W - 08 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Kulit yang sehat, kencang, dan halus adalah impian bagi banyak orang. Namun, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari dapat menyebabkan kulit menjadi keriput lebih cepat. Kulit keriput merupakan kondisi di mana kulit kehilangan kekencangan, elastisitas, dan kelembutan alaminya. Hal ini mengakibatkan munculnya garis-garis halus dan lipatan pada permukaan kulit. Terdapat beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kulit menjadi keriput. Beberapa di antaranya adalah:

Baca juga: Beberapa Ikan Laut Mengandung Omega-3 yang Tinggi

1. Paparan sinar matahari berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak serat elastin dan kolagen dalam kulit, yang bertanggung jawab untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Jika serat-serat ini rusak, kulit dapat menjadi kendur dan keriput. Oleh karena itu, penting untuk melindungi kulit dengan penggunaan tabir surya yang tepat dan menghindari paparan sinar matahari langsung terutama pada jam-jam matahari terik.

2. Merokok

Merokok dapat mempercepat proses penuaan kulit. Zat-zat kimia dalam rokok dapat menghambat aliran darah ke kulit dan merusak kolagen dan elastin, menyebabkan kulit menjadi kusam, keriput, dan kurang elastis.

3. Pola makan tidak sehat

Konsumsi makanan yang tidak sehat, khususnya yang mengandung banyak gula dan lemak, dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit. Diet yang kurang seimbang juga dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan kulit, seperti vitamin C, vitamin E, dan antioksidan lainnya.

4. Kurang tidur

Kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan kulit dan menyebabkan keriput. Saat kita tidur, tubuh melakukan pemulihan dan perbaikan sel termasuk sel-sel kulit. Kurang tidur dapat mengganggu proses ini dan menyebabkan penurunan produksi kolagen dan elastin.

Baca juga: 5 Manfaat Konsumsi Gurita bagi Kesehatan

5. Stres

Stres kronis dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit. Ketika tubuh mengalami stres, hormon kortisol dilepaskan, yang dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan kebiasaan buruk lainnya, seperti menggosok wajah atau menggigit bibir, yang biasanya dilakukan saat stress atau cemas, dapat merusak elastisitas kulit.

6. Kurangnya kelembapan

Kulit yang kering cenderung lebih rentan terhadap kerutan. Kurangnya kelembapan dapat membuat kulit kehilangan elastisitasnya dan membuat garis-garis halus dan kerutan lebih terlihat. Penting untuk menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulitmu dan menghindari pembersih wajah yang memiliki bahan keras.

7. Ekspresi wajah yang berulang

Ekspresi wajah yang sering diulang, seperti mengernyitkan dahi atau melipat bibir, dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Meskipun ekspresi wajah adalah hal yang normal, mengurangi tegangan otot wajah dan menghindari ekspresi yang berlebihan dapat membantu mengurangi risiko kerutan.

Perlu diketahui bahwa kulit keriput adalah hasil dari berbagai faktor, termasuk faktor genetik dan penuaan alami. Namun, dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang menjadi faktor penyebabnya dapat membantu untuk mengantisipasi kerutan pada kulit. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Ketika Sakit Gigi




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp