Inilah Cara Mengendalikan Emosi dengan Regulasi Emosi

By. Aditya Reyhan Y W - 08 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Emosi merupakan sebuah reaksi atau perasaan yang ditunjukan seseorang terhadap suatu hal atau suatu kejadian. Emosi menjadi salah satu bagian penting dalam diri manusia karena akan mempengaruhi aspek lain seperti tubuh dan pikiran. Jika emosi yang dirasakan negatif, maka akan berdampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental adapun contoh emosi negatif yaitu marah, sedih/kecewa, gelisah dan perasaan bersalah. Meskipun demikian, emosi merupakan sesuatu yang dapat dikontrol. Mengontrol emosi merupakan hal yang penting untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar karena individu bisa lebih bertangunggung jawab terhadap dirinya sendiri, memahami diri sendiri bahkan menghindari stress.

Baca juga: Ketahui 4 Tipe Kepribadian Anda Sejak Lahir

Terdapat 2 kunci dalam mengontrol emosi; Pertama, kondisikan diri agar tetap tenang dan dapatkan ketenangan agar bisa menghadapi emosi yang dirasakan dengan pikiran yang jernih. Kedua, fokuskan diri pada pikiran-pikiran yang positif agar dapat membantu meringkankan emosi yang dirasakan.Setelah memahami kunci dalam mengontrol emosi, pahami langkah dalam mengontrol emosi. Mengontrol emosi disebut juga dengan Regulasi Emosi. Regulasi Emosi merupakan keadaan dimana kamu dapat menyadari dan mengatur pikiran serta perilaku dalam menghadapi sebuah emosi baik itu emosi positif atau negatif.

Baca juga: Penyebab Seseorang Selalu Merasa Kesepian

Dalam regulasi emosi, terdapat 2 aspek penting yaitu mengenal dan mengendalikan.

1. Mengenal emosi. Dalam aspek ini individu harus bisa mengenal emosi yang dirasakan. Apakah sedih, marah, takut, kecewa atau yang lainnya. Individu juga harus memahami penyebab emosi tersebut muncul atau apa penyebabnya. Kemudian, pahami dan terima emosi yang dirasakan dan ketahuilah bahwa segala emosi yang dirasakan adalah hal yang wajar. Dengan mengenal emosi yang dirasakan, akan menjadi lebih mudah untuk mengelola emosi yang dirasakan.

2. Mengendalikan emosi. Setelah mengenali emosi, langkah selanjutnya adalah mengendalikannya. Cara untuk mengendalikan emosi bisa dilakukan dengan memberi jarak sementara antara apa yang kita alami dengan sudut pandang orang lain. Terkadang, sudut pandang orang luar dapat membantu untuk terlepas dari emosi yang dirasakan karena mendapat insight baru. Sudut padang diri sendiri juga penting untuk mengubah cara berpikir tentang situasi yang saat ini terjadi dengan meyakini bahwa emosi yang dirasakan saat ini pasti akan berlalu dan tidak akan bertahan selamanya.

Meregulasi emosi memang tidak semudah yang dijelaskan pada artikel diatas, namun bukan berarti tidak bisa. Butuh tekad yang bulat serta mental yang stabil untuk menghadapi emosi.

Sekian tips yang bisa dilakukan untuk mengontrol emosi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kebiasaan Emotional Eating




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp