Ketahui Manfaat Minum Teh Tawar untuk Kesehatan

By. Aditya Reyhan Y W - 08 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Saat ini banyak perusahaan pembuat teh kemasan yang menawarkan produk teh tawar. Teh tawar adalah teh tanpa tambahan gula. Teh berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis.

Teh mengandung kafein, vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B3, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Teh juga memiliki kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan yang terdiri dari cetechin, epicatechin, epigallocatechin-gallate (EGCG), epigallocatechin, gallocatechins, gallocatechin gallate, dan epicatechin-3-gallate.

Baca juga: 3 Khasiat Konsumsi Minum Asam Jawa untuk Kesehatan

Teh tawar tidak mengandung gula tambahan sehingga memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan teh manis. Berikut ini adalah 4 manfaat minum teh tawar untuk kesehatan.

1. Melindungi fungsi otak

Mengonsumsi teh tawar dapat bermanfaat karena dapat berpotensi mengurangi risiko Alzheimer, pikun, dan gangguan fungsi kecerdasan. Teh tawar mengandung senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan sehingga dapat mengurangi radikal bebas yang ada di otak.

Radikal bebas dapat memicu pikun dan Alzheimer. Teh tawar juga mengandung L-theanin yang dapat memperbaiki suasana hati, meredakan stres, dan meningkatkan fungsi otak.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Teh tawar mengandung EGCG yang dapat berperan dalam membantu melindungi sel pankreas dari peradangan dan radikal bebas. Pankreas adalah organ yang menghasilkan hormon insulin.

EGCG juga dapat membantu meningkatkan kadar insulin dalam darah. Teh juga mengandung polifenol yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga dapat membuat kadar gula darah menjadi terkontrol.

Baca juga: Inilah Manfaat Air Zamzam untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengurangi risiko kanker

Teh hijau dan teh hitam tawar memiliki kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan. Sifat tersebut dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat mengonsumsi teh tawar selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung dapat terjadi disebabkan oeleh penyumbatan pembuluh darah dan hipertensi.

Teh tawar mengandung senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan senyawa nitric oxide yang dapat menurunkan tekanan darah. EGCG pada teh tawar juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Itu tadi beberapa manfaat minum teh tawar untuk kesehatan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Asam Folat? Simak Penjelasannya!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp