Manfaat Konsumsi Ikan bagi Pertumbuhan Anak

By. Aditya Reyhan Y W - 08 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Pemenuhan terhadap gizi anak sangat penting terutama untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Ikan adalah salah satu bahan pangan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan anak.

Ikan kaya akan asam lemak omega-3, vitamin D dan vitamin B2 (riboflavin). Ikan juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi, serta merupakan sumber mineral yang baik karena mengandung zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

Baca juga: Ketahui 7 Fakta Menarik Tentang Ikan Teri

Ikan juga merupakan bahan pangan yang mudah ditemui dan dapat diolah menjadi beragam masakan yang bergizi. Berikut ini manfaat mengonsumsi ikan untuk anak.

1. Sumber protein

Ikan kaya akan protein. Kandungan protein pada ikan lebih tinggi dibandingkan dengan serealia. Protein ikan juga sangat mudah dicerna, sehingga baik untuk kesehatan.

Protein ikan juga mengandung asam amino. Ikan mengandung 18% protein yang terdiri dari asam amino esensial yang tidak rusak pada saat pemasakan.

2. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Ikan mengandung vitamin D yang penting bagi petumbuhan dan kekuatan tulang pada anak. Ikan juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Fluor juga terdapat pada ikan. Fluor berperan dalam menguatkan dan menyehatkan gigi anak.

Baca juga: Beberapa Ikan Laut Mengandung Omega-3 yang Tinggi

3. Baik untuk kesehatan mata

Mengonsumsi ikan baik untuk kesehatan mata, karena ikan mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi penglihatan dan kesehatan pada retina mata.

Vitamin A dalam minyak hati ikan juga bermanfaat untuk mencegah kebutaan pada anak.

4. Baik untuk perkembangan otak anak

Ikan mengandung asam lemak yang sangat baik untuk perkembangan anak. Asam lemak pada ikan merupakan asam lemak yang sifatnya tidak jenuh sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ikan kaya akan kandungan omega-3 docosahexaenoic acid (DHA) yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sistem saraf pada anak terutama untuk kemampuan belajar dan daya ingat.

Ikan salmon, ikan sarden, dan ikan tuna adalah beberapa contoh ikan yang tinggi kandungan DHA-nya. Ikan juga kaya akan asam amino seperti taurine untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.

Itu tadi beberapa manfaat mengonsumsi ikan untuk kesehatan anak.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Protein Tinggi, Harus Kamu Coba!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp