Simak! Manfaat Konsumsi Susu Kedelai

By. Aditya Reyhan Y W - 08 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Soy milk atau susu kedelai merupakan salah satu plant based milk yang paling sering dijumpai oleh masyarakat. Susu kedelai terbuat dari bahan kedelai.

Susu kedelai dibuat dengan cara kacang kedelai direndam, kemudian dihaluskan dan direbus. Hasil rebusannya kemudian disaring sehingga menghasilkan susu kedelai. Susu kedelai dapat dijadikan sebagai pengganti susu bagi orang yang memiliki kondisi intoleransi laktosa maupun vegan.

Baca juga: Inilah 4 Resep Minuman Protein untuk Kesehatan

Susu kedelai mengandung kalsium, karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, dan Vitamin D yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah 4 manfaat mengonsumsi susu kedelai untuk kesehatan.

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Susu kedelai bermanfaat memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan protein, vitamin, dan mineral pada susu kedelai baik untuk mendukung kinerja sel darah putih dan menghasilkan antibodi.

Susu kedelai dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik. Antioksidan yang terkandung dalam susu kedelai dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit.

2. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat yang selanjutnya dari mengonsumsi susu kedelai adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Susu kedelai mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat memperkuat tulang serta dapat mengurangi risiko osteoporosis.

Baca juga: Ketahui Manfaat Kopi bagi Kesehatan Otak

3. Mencegah anemia

Susu kedelai mengandung folat, zat besai, dan vitamin B12 yang dapat berperan penting dalam memproduksi sel-sel darah merah sehingga susu kedelai merupakan minuman yang baik untuk mencegah anemia.

Susu kedelai dapat menjadi sumber nutrisi untuk mencegah anemia pada orang yang menjalani pola makan vegetarian.

4. Susu alternatif pengganti susu sapi

Susu kedelai dapat menjadi alternatif pengganti susu sapi bagi anda yang menjalani pola makan vegetarian, tidak menyukai rasa susu sapi, atau tidak dapat mengonsusmsi susu sapi karena alergi ataupun intoleransi laktosa.

Susu kedelai tidak mengandung laktosa dan protein yang dapat memicu alergi yang terkandung dalam susu sapi. Susu kedelai juga tidak memiliki kandungan gluten sehingga dapat dikonsumsi oleh orang yang mempunyai alergi gluten atau penyakit celiac.

Itu tadi beberapa manfaat mengonsumsi susu kedelai untuk kesehatan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Ketahui Manfaat Minum Teh Tawar untuk Kesehatan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp