Inilah Penyebab Tubuhmu Rentan Terkena Flu

By. Aditya Reyhan Y W - 08 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang mudah menular. Gejala flu dapat berupa batuk, hidung tersumbat, demam, pilek, muntah atau diare.

Penularan sering kali terjadi saat seseorang tidak sengaja menghirup percikan air liur di udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin. Penularan flu juga dapat terjadi ketika tangan menyentuh mulut, hidung, atau mata, setelah memegang barang yang terkena percikan air liur penderita.

Baca juga: 7 Obat Alami yang Dapat Memulihkan Sakit Tipes

Semua orang memiliki resiko tertular flu, tetapi penyakit flu lebih rentan menyerang lansia, balita, serta orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan tubuh menjadi rentan terkena flu. Berikut ini adalah 3 hal penyebab tubuh rentan terkena flu.

1. Tangan tidak bersih

Bagi sebagian orang, sudah menjadi kebiasaan memegang mata, hidung, dan mulut saat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Tanpa disadari hal tersebut dapat berisiko memindahkan virus influenza dari tangan yang kotor ke dalam tubuh. Tangan yang kotor dapat menyebabkan kuman dapat menyebar dan memicu beragam penyakit.

Hal tersebut tentunya dapat dihindari dengan mencuci tangan setidaknya selama 20 detik sebelum dan setelah melakukan suatu kegiatan tertentu, seperti sebelum makan dan setelah selesai menggunakan kamar mandi.

Baca juga: Inilah 7 Tips untuk Mengatasi GERD

2. Kurang minum

Kurang minum dapat menjadi salah satu penyebab seseorang rentan terkena flu. Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi maka fungsi dan kerja organ tubuh juga akan terganggu sehingga tubuh mungkin akan lebih rentan mengalami sejumlah masalah kesehatan.

3. Kurang tidur

Tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia. Kebiasaan bergadang atau tidur larut malam dapat menyebabkan seseorang mudah terkena flu.

Kebiasaan ini apabila dilakukan terus menerus dapat berdampak buruk untuk kesehatan secara menyeluruh terutama untuk sistem kekeballan tubuh. Ketika tidur, tubuh akan memproduksi hormon sitokin yang dapat melawan peradangan dan penyakit di dalam tubuh.

Namun apabila anda kurang tidur maka tubuh tidak akan melepaskan sitokin sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan kemampuan sistem imun untuk melawan kuman akan melemah. Hal ini dapat membuat seseorang rentan terkena flu.

Itu tadi beberapa hal penyebab tubuh rentan terkena flu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Kenali Gejala-Gejala Keracunan Seafood Ini




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp