Inilah 5 Cara Membangun Produk Branding Bisnis Online

By. Aditya Reyhan Y W - 09 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Produk branding adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi dan membedakan produkmu dengan produk lain sehingga bisa dikenali oleh konsumen. Berikut ini 5 cara membangun produk branding.

Baca juga: 7 Tantangan Utama dalam Menjalankan Bisnis Coffee Shop

1. Berkomunikasi secara visual dengan customer

Berkembangnya dunia e-commerce dan penyebaran informasi, maka bisnis online tidak akan berkembang tanpa adanya konten yang menarik. Konten yang menarik dapat berupa menampilkan foto produk yang bahkan memberikan informasi mengenai tampilan produk yang dijual. Buatlah foto produk seolah-olah kamu dapat berkomunikasi dengan customer melalui visualisasi yang menarik.

Foto produk yang baik dapat membuat pelanggan yakin untuk membeli produk yang dijual. Video juga dapat digunakan agar informasi yang disampaikan lebih mudah dimengerti oleh pelanggan.

2. Perhatikan kemasan produk atau packaging

Pada bisnis online, kemasan produk dapat memberikan kesan pertama customer terhadap produk. Kemasan produk dapat dibuat unik untuk menarik pelanggan dengan tampilan pertama yang mereka lihat.

Baca juga: Inilah Trik Konsumen agar Repeat Order Dagangan Kamu

3. Buat deskripsi produk dengan karakter yang kuat

Berkembangnya media sosial sebagai media pemasaran, kamu dapat membangun kualitas dan produk branding yang baik pada bagian deskripsi. Pada bagian deskripsi dapat dituliskan tentang latar belakang produk tersebut, proses pembuatan, atau proses pemilihan bahan dengan menggunakan bahasa yang terstruktur dan sopan.

Hal ini akan membentuk identitas untuk brand kamu. Apabila kamu tidak pandai dalam merangkai kata untuk menarik minat pembeli, maka kamu dapat menggunakan jasa copywriting professional. Copywriter yang sudah berpengalaman dapat membantu dalam membuat konten tulisan yang menarik dan juga persuasive sehingga dapat menarik perhatian pelanggan.

4. Rutin memberikan update

Stok produk yang tersedia harus diupdate secara rutin agar tidak menimbulkan kekecewaan pada calon pembeli yang ingin membeli produk yang dijual.

Stok produk yang tidak diupdate dapat membuat pembeli merasa kecewa kemudian menceritakannya pada orang lain. Hal ini dapat merugikan brand dengan reputasi yang buruk.

5. Promosikan pada seluruh saluran pemasaran

Promosi pada seluruh saluran pemasaran dapat dilakukan agar produk kamu semakin dikenal. Promosi dapat dilakukan secara offline maupun online. Apabila terdapat keterbatasan anggaran, maka maksimalkanlah penggunaan medis sosial, website, dan juga marketplace.

Itu tadi beberapa cara membangun produk branding.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: 10 Peluang Bisnis Jasa di Era Modern, Bisa Kamu Coba!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp