Mengenal Kepribadian INTP Sang Ahli Bermain Logika

By. Aditya Reyhan Y W - 09 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Tipe kepribadian INTP merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI. MBTI merupakan singkatan dari (Myers-Briggs Type Indicator) yang merupakan tes psikologi yang dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabell Briggs Myer untuk mengidentifikasi tipe kepribadian seseorang lalu membaginya kedalam 16 tipe. Ke-16 tipe tersebut memiliki empat skala dari Extraversion (E) - Introversion (I), Sensing (S) - Intuition (N), Thinking (T) - Feeling (F), dan Judging (J) - Perceiving (P).

Baca juga: Mengenal Kepribadian Paling Langka INFJ sang Idealis

INTP sendiri merupakan Introversion (E), Intuition (N), Thinking (T) dan Perceiving (P). Intoversion (I) merupakan kepribadian yang mengisi energinya dengan cara menyendiri. Mereka menyukai kondisi yang tenang dan intim serta menyukai interaksi berkualitas dengan sedikit orang. Intuitive (N) berarti seorang dengan karakter ENTP memiliki intuisi yang kuat. Mereka fokus pada hal-hal abstrak atau sebuah potensi dari suatu hal. Mereka juga cenderung fokus pada gambaran masa depan daripada hal-hal yang nyata atau realitas yang adaThinking (T) merupakan kepribadian yang logis dalam mengambil keputusan. Tipe thinking juga menggunakan kekuatan analisis berpikir dan konsisten dalam setiap pengambilan keputusan. Lalu Perceiving (P) merupakan kepribadian yang cenderung fleksibel, adaptif, bahkan dengan hal-hal yang belum pernah dihadapi maupun terlintas di pikiran sebelumnya.

Baca juga: 6 Kelemahan Sebagai Ekstrovert yang Harus di Ketahui

Dilansir dari 16personalities, tipe kepribadian INTP dikenal sebagai ahli logika. Ahli logika ini merujuk pada kepribadian INTP yang selalu dipenuhi dengan ide-ide, berwawasan luas dan memiliki kreatifitas serta keingintahuan yang tinggi. Seorang INTP tidak berhenti berpikir dalam kepala mereka sering dipenuhi perdebatan antara pikiran yang satu dengan lainnya. Karena senang berpikir secara mendalam, mereka mampu menganalisis atau menemukan penjelasan terhadap masalah yang sulit. Mereka juga objektif dan imajinatif.

Dibalik kelebihannya, INTP memiliki beberapa kelemahan, seperti terlalu tenggelam dalam pikirannya sendiri. Mereka juga sering merasa cemas dan cenderung membuang waktu/energi untuk menebak-nebak hal yang belum pasti. Karena INTP memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, mereka juga sering terjebak dalam otak mereka sendiri yang membuatnya linglung atau sulit mengingat suatu hal. Kelemahan lain dari karakter INTP adalah kecenderungan untuk merendahkan orang lain dan terlalu kritis. Mereka akan kesal jika orang lain tidak menangkap suatu hal secepat yang mereka lakukan.

Itu dia beberapa hal tentang kepribadian INTP. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Tingkat Kreativitas Tinggi




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp