Inilah Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

By. Aditya Reyhan Y W - 20 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Minyak zaitun atau juga biasa disebut olive oil adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian yaitu extra virgin, virgin, dan refined.

Meskipun banyak mengandung lemak, namun lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun adalah jenis lemak yang sehat. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang sehat dan baik untuk kesehatan.

Baca juga: Inilah Buah yang dapat Menjaga Tingkat Gula Darah, Apa Saja?

Beragam kandungan nutrisi dan antioksidan pada minyak zaitun membuat minyak zaitun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah 5 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

1. Mengontrol tekanan darah

Manfaat yang pertama dari minyak zaitun adalah mengontrol tekanan darah. Hal ini diduga karena kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

2. Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung

Kandungan antioksidan pada minyak zaitun juga berperan untuk mngurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh sehingga tidak menumpuk di pembuluh darah.

Minyak ini baik dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Antioksidan pada minyak zaitun dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan diketahui dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: Inilah Manfaat Kaviar bagi Kesehatan Tubuh

4. Memilihara fungsi otak

Salah satu manfaat dari minyak zaitun adalah untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Sebuah riset menyebutkan bahwa kandungan zat antioksidan dan antiradang pada minyak zaitun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit pada otak seperti stroke dan dimensia.

5. Melembabkan kulit kering

Minyak zaitun mampu menjaga kelembapan kulit sehingga digunakan untuk perawatan kulit kering. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada kulit wajah, tangan, ataupun kaki yang kering.

Itu tadi beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Beberapa Manfaat dari Minum Teh




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp