Mengenal Insomnia yang Bikin Kamu Susah Tidur

By. Aditya Reyhan Y W - 22 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Hai sobat Webplus! Kalian ada yang sering mengalami susah tidur? nah, mungkin kalian mengalami yang namanya Insomnia. Insomnia merupakan gangguan tidur yang dicirikan sebagai kesulitan untuk memulai tidur atau bertahan agar tetap tertidur. Kualitas tidur yang dimiliki pengidap insomnia berbeda dengan orang normal. Mereka tidak bisa tidur nyenyak dan tidak merasa lebih segar saat bangun serta kerap terjaga di malam hari. Gangguan ini dapat terjadi secara terus menerus atau episodik (kambuh pada jangka waktu tertentu), situasional (kambuh pada situasi tertentu seperti stress) dan recurrent (kambuh).

Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan insomnia seperti:

Baca juga: Ketahui Manfaat Tempe bagi Kesehatan

  1. Banyak pikiran, stress atau mudah merasa cemas. Ketika ingin tidur di malam hari namun pikiranmu penuh dan merasa cemas, kamu akan merasa tidak tenang dan jadi kesulitan tidur.
  2. Kebiasaan buruk. Seperti mengkonsumsi banyak kafein, makan terlalu banyak atau terlalu lama menatap layar komputer/gadget.
  3. Faktor lingkungan seperti udara yang terlalu panas atau dingin atau lampu yang terlalu terang.
  4. Gangguan psikologis lain seperti depresi, bipolar, anxiety atau PTSD.

Baca juga: Beberapa Tips Menjaga Kesehatan saat Bekerja

Sulit tidur dimalam hari bukan berarti kamu mengalami insomnia, lho. Secara psikologis, terdapat 4 ciri kamu mungkin mengalami insomnia:

  1. Pada malam hari, kamu selalu kesulitan untuk memulai tidur, mempertahankan tidur nyenyak atau kembali tertidur saat terbangun.
  2. Kesulitan tidur ini mengganggu dan berdampak pada aktivitasmu sehari-hari.
  3. Dalam 1 minggu, kamu mungkin mengalami paling sedikit 3 kali kesulitan tidur.
  4. Kesulitan tidur ini dirasakan lebih dari 3 bulan.

Jika kamu merasakan 4 ciri diatas, akan lebih baik untuk memeriksa dan mencari bantuan tenaga professional seperti psikolog atau psikiater untuk penanganan lebih lanjut. Namun, sebagai langkah untuk mengantisipasi dan mencegah insomnia, kamu bisa mencoba untuk menerapkan beberapa kebiasaan baik seperti selalu berpikir positif dan berhenti overthinking. Kamu juga bisa melakukan beberapa teknik relaksasi seperti yoga sebelum tidur agar lebih tenang dan nyaman. Kurangi konsumsi kafein pada rentang waktu sore hingga malam hari dan konsumsi makanan sehat serta menghindari kabohidrat menjelang tidur. Ciptakan suasana tidur yang nyaman dengan merapihkan dan membersihkan kamar atau menggunakan aromaterapi. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 9 Tips Menjaga Kesehatan Mental saat Bekerja




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp