Ini Dia 5 Strategi Diskon untuk Menarik Minat Pembeli

By. Aditya Reyhan Y W - 30 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Hai sobat WebPlus! Diskon merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan penjualan dengan cepat, disebabkan karena diskon dapat dengan mudah menarik perhatian pelanggan.

Strategi yang tepat dalam menentukan diskon sangat diperlukan agar bisnis yang kamu jalankan tidak merugi. Berikut ini adalah 5 strategi diskon yang dapat menarik minat pembeli.

Baca juga: 8 Tips Menjadi Pengusaha Sembako yang Sukses

1. Menentukan Tenggat Waktu Diskon

Ketika memberikan diskon kepada pelanggan maka sangat penting bagi kamu untuk menentukan batas waktu dari berlakunya diskon tersebut. Pilihlah tenggat waktu yang tepat agar bisnis yang kamu jalankan tidak merugi.

Periode diskon juga dapat menarik pelanggan untuk segera melakukan transaksi. Pada umumnya, pelanggan akan merasa terburu-buru apabila ada diskon terbatas sehingga mereka akan tergerak lebih cepat untuk berbelanja.

2. Menyertakan Alasan saat Memberi Diskon

Diskon dapat diberikan kepada pelanggan dengan menyertakan alasannya. Diskon dapat diberikan kepada pelanggan dengan meminta mereka melakukan tindakan tertentu terlebih dahulu seperti mengikuti akun toko online kamu dimedia sosial atau mengisi formulir email untuk berlangganan newsletter.

3. Memberi Hadiah untuk Pelanggan Setia

Strategi diskon selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan diskon hanya kepada pelanggan yang setia. Kamu dapat melihat pelanggan manakah yang paling sering berbelanja atau dengan membuat kartu loyalitas dengan syarat dan ketentuan tertentu agar lebih mudah dalam memberikan diskon.

Pelanggan setia biasanya akan tetap bertahan dengan brand yang kamu miliki apabila pelanggan merasa dihargai.

Baca juga: Ketahui 6 Cara Mengatur Keuangan untuk Pengusaha Pemula

4. Memanfaatkan Momen

Diskon juga dapat diberikan dengan memanfaatkan momen tertentu, seperti saat bulan Ramadhan, Hari Raya, tahun baru, tanggal dan bulan yang kembar ataupun saat liburan sekolah. Diskon juga dapat diberikan saat Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional.

5. Diskon untuk Produk Baru

Strategi diskon selanjutnya yang dapat menarik perhatian pembeli adalah dengan diskon untuk produk baru. Pada umumnya pelanggan akan berpikir lebih lama sebelum memutuskan untuk membeli produk yang baru, karena sebagian besar akan memilih untuk tetap membeli produk yang sudah biasa dibeli kecuali apabila produk baru tersebut memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk yang lainnya. Diskon yang diberikan pada produk yang baru diluncurkan dapat membuat pembeli tertarik dengan produk tersebut.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Memulai Bisnis Kuliner Street Food, Apa Saja Tipsnya?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp