5 Manfaat Sarang Burung Walet bagi Kesehatan, Apa Saja?

By. Aditya Reyhan Y W - 30 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Hai sobat WebPlus! Ada yang tahu sarang burung walet? Sarang burung walet telah lama diolah menjadi makanan dengan harga fantastis.
 Sarang burung walet digemari banyak orang karena konon memiliki  kandungan nutrisi yang beragam dan bermanfaat bagi tubuh.

Sesuai dengan namanya, bahan makanan ini berasal dari sarang burung walet. Burung walet biasanya hidup di dalam gua dan membuat sarang dengan menggunakan air liurnya, hal ini dilakukan secara bertahap hingga sarangnya mengeras dengan sendirinya.

Baca juga: Inilah Buah yang dapat Menjaga Tingkat Gula Darah, Apa Saja?

Liur dari burung walet bukan sekadar air liur biasa. Liur burung walet terbuat dari protein yang juga tinggi kandungan kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. Sarang burung walet memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bisa dikonsumsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini adalah 5 manfaat sarang burung walet untuk kesehatan.

1. Sumber Asam Amino Esensial

Sarang burung walet terbuat dari air liur burung walet yang mengandung berbagai macam asam amino, seperti asam aspartat dan prolin yang berguna dalam regenerasi sel, sistein dan fenilalanin yang berguna dalam meningkatkan kerja memori dan kerja impuls saraf, serta tirosin yang berguna dalam mempercepat pemulihan setelah sakit.

Fenilalanin merupakan asam amino esensial sehingga asam amino tersebut tidak diproduksi dalam tubuh dan dapat diperoleh dari mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino tersebut.

2. Menyehatkan Kulit

Sarang burung walet sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar kosmetik. Tembaga yang terkandung dalam sarang burung walet dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Kolagen sangat bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

3. Meredakan Peradangan

Sarang burung walet mengandung mangan yang berfungsi untuk mengaktifkan dan memastikan enzim yang berperan dalam membantu meredakan peradangan dapat bekerja dengan baik.

Sarang burung walet yang dikonsumsi secara rutin juga efektif dalam membantu mengurangi produksi TNF-alfa yang merupakan protein khusus yang memicu terjadinya peradangan sistemik dalam tubuh dan peningkatannya sering dikaitkan dengan gangguan autoimun.

Baca juga: Inilah Manfaat Kaviar bagi Kesehatan Tubuh

4. Menurunkan Risiko Kanker

Sarang burung walet mengandung antioksidan yang tinggi sehingga berkhasiat mencegah penyakit kanker. Antioksidan adalah senyawa aktif yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain sehingga bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.

5. Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Sarang burung walet berpotensi menurunkan risiko pengentalan darah akibat kolesterol tinggi. Konsumsi sarang burung walet secara rutin dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

Itu tadi beberapa manfaat sarang burung walet untuk kesehatan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Beberapa Manfaat dari Minum Teh




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp